10 Macam Edible Flower yang Cantik & Aman Dikonsumsi

Mungkin kebanyakan orang menganggap mengkonsumsi bunga merupakan hal yang tidak biasa. Tapi pada kenyataannya ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi manusia, contohnya bunga/kembang apel. Sebelum berbuah menjadi apel, maka fase pertamanya pastilah muncul bunga dan ternyata bunga apel ini juga bisa untuk dikonsumsi. Yang jadi pertanyaan, apakah Anda berani mencoba bunga tersebut untuk dimakan atau dicampurkan ke bahan makanan lainnya?

Pada kenyataannya, banyak ahli memasak atau chef telah menggunakan beberapa jenis bunga sebagai bahan tambahan pada masakannya. Tapi kebanyakan orang awam belum terlalu tahu, ternyata banyak jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Contohnya, bunga apel mempunyai rasa dan aroma bunga yang lembut yang bisa ditambahkan pada salad buah. Contoh lainnya adalah bunga lokio yang bisa dijadikan hiasan untuk salad agar terlihat cantik, dan bunga tersebut juga bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Apakah Edible Flower Aman Untuk Dikonsumsi?

Bunga-bunga lain secara teknis dapat dikonsumsi, tetapi ada juga beberapa yang memiliki rasa yang kurang enak, dan tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Contohnya adalah bunga begonia muda yang memiliki sedikit rasa pahit.

Meskipun begitu, Anda juga juga harus teliti ketika ingin mengkonsumsi atau menambahkan bunga pada masakan Anda, karena ada beberapa jenis bunga yang bisa menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi. Misalnya adalah bunga bakung, bila dikonsumsi maka akan menyebabkan mual, diare, gatal, pingsan bahkan kematian, tergantung pada seberapa banyak Anda mengkonsumsinya.

Agar Anda tidak kebingungan jenis bunga apa saja yang bisa dikonsumsi, berikut adalah daftar bunga yang aman untuk dikonsumsi.

Bunga Celendula/Pot Marigold

Bunga celendula memiliki warna orange cerah yang cantik ini ternyata aman untuk dikonsumsi. Bunga ini memiliki rasa yang cukup netral dan tidak mencolok, sehingga sangat cocok untuk mempercantik salad atau manisan. Pembuat kue terkadang menggunakan bunga ini untuk membuat hiasan bunga cantik pada kue keju atau makanan lainnya.

Bunga celendula ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Di dalam bunga ini mengandung nutrisi cendulin, beta karoten, sterol, dan karetonoid yang memiliki khasiat anti inflamasi. Bunga ini juga memiliki zat anti septik dan anti mikroba yang dapat membasmi mikroba yang merugikan kesehatan tubuh.

Celendula cukup mudah untuk ditanam sendiri melalui benihnya. Sering kali bunga ini tumbuh sendiri di kebun tanpa kita harus menanam benihnya. Perawatannya cukup butuh sinar matahari penuh dan disiram secara rutin.

Bunga Daylily 

Kebanyakan jenis bunga lili akan beracun bila dikonsumsi, tapi tidak dengan bunga daylily. Bunga daylily memiliki rasa yang agak manis seperti selada romaine. Daylily cocok untuk ditambahkan ke dalam salad, tetapi pastikan untuk mencicipi rasanya terlebih dahulu, karena beberapa varietesnya memiliki rasa yang lebih baik daripada yang lain.

Bunga daylily tinggi akan protein dan vitamin C daripada kebanyakan sayuran yang kita makan.

Daylily cukup mudah untuk ditanam sendiri, cukup sediakan pot dan tanah lalu tanam benihnya. Perawatannya cukup diletakkan pada tempat yang kena cukup sinar matahari dan cukup lembab. Bunga ini apabila ditanam di tanah yang luas maka akan tumbuh menyebar dan membentuk koloni.

Bunga Dandelion

Bunga dandelion hijau yang biasa terdapat pada salad memang memiliki rasa yang agak pahit, tapi ternyata ada juga yang rasanya manis jika dipetik segera setelah bunganya mekar.

Bunga dandelion ternyata memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan nafsu makan, menurunkan hipertensi, mengurangi jerawat, menghaluskan kulit, mencegah kanker, dan lain-lain.

Dandelion biasanya mudah ditemukan di pinggir jalan atau di pekarangan rumah. Anda juga bisa menanamnya sendiri melalui bijinya, perawatannya pun juga cukup mudah karena hanya memerlukan sinar matahari.

Bunga Elderberry

Bunga elderberry memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan madu. Bunga ini biasanya menjadi bahan campuran pada minuman segar seperti teh dingin, lemonade dan lain-lain. Anda dapat menaburkan bunga ini ke dalam salad, selain itu bunga ini juga bisa dibuat menjadi kue elderberry. Hati-hati pada dedaunan elderberry karena sedikit beracun.

Bunga elderberry bisa ditanam di dalam pot dan perawatannya cukup disiram secara rutin dan diletakkan pada tempat yang kena sinar matahari.

Bunga Borage/ Bunga Bintang

Bunga Borage memiliki bentuk seperti bintang dan berwarna biru, sehingga sering disebut sebagai bunga bintang atau starflower. Borage memiliki rasa seperti mentimun dan cocok digunakan untuk meramaikan minuman, salad dan hidangan lezat lainnya. Bunga borage juga cocok dipadu padankan dengan bunga celendula untuk hiasan salad.

Borage mudah tumbuh dari biji dan biasanya juga tumbuh dengan sendirinya di kebun setiap tahunnya. Bunga ini juga dapat bertahan pada musim kekeringan.

Bunga Lavender

Bunga Lavender memiliki rasa gurih yang unik dengan sedikit rasa manis bunga. Biasanya bunga ini digunakan sebagai pelengkap pada minuman musim panas, es krim, cokelat dan permen.

Lavender biasanya dibeli sebagai tanaman dalam pot. Lavender tumbuh di lokasi dengan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dan cukup disirim ketika tanah kering.

Bunga Pansy

Bunga Pansy memiliki berbagai macam warna seperti pelangi. Bunga ini memiliki rasa yang ringan dan tidak mencolok, biasa digunakan terutama untuk menghias salad dan makanan penutup.

Pansy biasanya tumbuh dari biji. Bunga ini tumbuh subur di tanah lapang yang lembab dan terkena sinar matahari tidak terlalu banyak. Pansy tidak bisa bertahan pada musim kemarau yang sinar mataharinya selalu tampak setiap hari.

Bunga Hibiscus/ Bunga Sepatu

Bunga Hibiscus atau bunga sepatu memiliki rasa seperti buah cranberry dengan nuansa tropis. Bunga ini paling sering digunakan untuk tambahan pada minuman es teh atau minuman dingin lainnya. Bunga sepatu yang dicincang juga bisa digunakan untuk tambahan pada salad dan makanan penutup.

Ada banyak jenis bunga hibiscus yang bisa dikonsumsi, yang paling terkenal adalah dari spesies Jamaika Hibiscus Sabddariffa karena memiliki rasa yang enak. Selain itu, ada juga dari spesies Hibiscus rosa sinensis yang enak juga untuk dikonsumsi.

Bunga tropis ini dapat ditanam di dalam pot dan dapat dibawa ke dalam ruangan bila musim hujan datang. Bunga hibiscus butuh sinar matahari penuh dan perlu disiram secara rutin.

Bunga Nasturtium

Bunga nasturtium memiliki rasa pedas yang mirip dengan selada air, dan ternyata keduanya masih berkerabat. Bunga nasturtium biasa digunakan untuk tambahan dalam salad dan hiasan untuk makanan hors d’oeuvres.

Bunga Nasturtium sangat mudah ditumbuhkan dari biji. Untuk perawatannya, tanam di tanah yang subur dan terkena sinar matahari yang cukup, serta siram secukupnya secara rutin.

Bunga Mawar

Biasanya bunga mawar menjadi hiasan di meja atau sebagai hadiah bagi orang terkasih. Tapi ternyata, bunga mawar ini juga bisa dikonsumsi, aromanya yang khas dan sedikit rasa pahit cocok digunakan untuk tambahan di salad atau minuman. Kelopak bunga mawar ternyata juga bisa diolah menjadi selai.

Sumber: https://modernfarmer.com/2016/08/edible-flowers/, https://manfaat.co.id/manfaat-bunga-dandelion, https://www.jagapati.com/artikel/Bunga-Calendula-Cantik-dan-Bermanfaat.html

 

3041total visits,3visits today

,,,,,,,,,,,