BERAGAM MANFAAT BAYAM UNTUK KESEHATAN

 

Seperti yang kita ketahui, sayuran dan buah – buahan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Apalagi sayuran hijau seperti bayam. Tak heran bayam dijadikan contoh sayuran yang baik dikonsumsi agar tubuh menjadi sehat dan kuat seperti dalam film kartun Popeye karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Mari simak manfaat nya dibawah ini :

1. Mengatur tekanan darah

Tingginya kalium dan rendahnya sodium pada bayam sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah agar kembali stabil.

2. Mendorong sistem imun

3. Penting untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada bayam dapat menjaga agar penglihatan tetap dapat berfungsi dengan baik.

4. Melindungi pencernaan

Bayam adalah salah satu sayur yang tinggi kandungan seratnya. Hal itu berdampak pada pencernaan. Jika kamu mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya, ada baiknya jika mengkonsumsi bayam sebagai menu harian.

5. Anti-Inflamasi

Penderita inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osetoarthtritis disarankan untuk mengkonsumsi bayam. Hal ini disebabkan karena bayam memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat tinggi sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

6. Mencegah penuaan dini

Vitamin A dan anti oksidan pada bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Tulang yang kuat

Orang yang sudah lanjut usia sangat rentan terserang osteoporosis. Oleh karena itu, konsumsi bayam sangat baik karena Vitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang sangat baik bagi tulang, apalagi jika bayam dikonsumsi oleh anak yang sedang tumbuh kembang. Tapi jangan lupa untuk seimbangkan dengan susu juga ya!

8. Anti-Kanker

Manfaat bayam terkandung pada flavanoid ini mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker, diantaranya kanker ovarium, kanker paru – paru, dan kanker kolon. Dari beberapa penelitian bayam juga diyakini dapat mengurangi resiko kanker kulit.

9. Menjaga fungsi otak

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan sistem saraf, kandungan vitamin K dalam bayam juga sangat bermanfaat untuk otak. Vitamin K mampu menjaga fungsi otak dengan membantu mempertahankan dan meningkatkan daya ingat oleh otak.

 

Banyak banget kan manfaat bayam yang sayang sekali jika kita lewatkan. Oleh karena itu, yuk mulai hidup sehatmu sekarang juga!

Article Source : Blog manfaat.co.id

564total visits,1visits today

,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *