5 Sayuran Organik yang Membuatmu Tetap Segar Sepanjang Hari

sayur organik online
Sumber: unsplash.com

Ada yang ingat, jenis sayuran apa yang selalu dikonsumsi Popeye saat akan bertarung melawan penjahat?  Yap! Popeye Si Pelaut selalu makan bayam hijau.  Sayuran daun ini sangat umum dijumpai di Indonesia.

Mengonsumsi sayuran adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan nutrisi.  Konsumsi sayuran secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan kita.  Nah, kali ini kita akan mengulas 5 jenis sayuran organik lokal yang ternyata kaya akan nutrisi.  Salah satunya bayam hijau tadi.

5 Jenis Sayuran yang Mengandung Nutrisi Tinggi

Selain mengandung nutrisi tinggi, kelima jenis sayuran lokal ini sangat mudah dijumpai.  Cara mengolahnya pun sangat beragam.  Penasaran apa saja manfaat sayuran yang selama ini menjadi sumber makanan sehat di rumah?  Yuk simak ulasannya, Cipers!

1. Bayam

sayur organik online
Sumber: unsplash.com

Bayam adalah sumber kalsium, zat besi, sekaligus antioksidan.  Bayam sangat baik dimasukkan ke dalam menu makanan sehat kita.  Bayam juga mengandung beberapa jenis vitamin, magnesium, serta folat.

Folat merupakan bentuk alami dari vitamin B9.  Folat berperan penting dalam pertumbuhan sel, pembentukan DNA, dan fungsi saraf pusat.  Meski tidak diperlukan dalam jumlah besar, namun asupan folat sangat penting bagi ibu hamil.

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada bayam akan meningkatkan kesehatan darah, otot, dan jantung.  Vitamin K didalam sayuran bayam juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang belakang.  Sayuran ini kerap dijumpai dalam bentuk sayur bening bayam, sayur kukus, campuran salad, dan smoothie.

2. Brokoli

sayur organik online
Sumber: unsplash.com

Brokoli tergolong satu famili dengan kale, kembang kol, dan kubis.  Sayuran ini mengandung sulforaphane.  Sulforaphane juga mampu menghentikan pertumbuhan tumor dan sel kanker payudara.  Karenanya, mengonsumsi brokoli dapat menurunkan resiko penyakit kanker dan tumor ya Cipers!

Brokoli juga mengandung vitamin C dan K.  Julukannya adalah sayuran serba guna, sebab terasa lezat ketika diolah dengan berbagai macam cara.  Selain dijadikan sebagai campuran sup dan salad, brokoli dapat dikukus, digoreng, ataupun dipanggang.

3. Wortel

sayur organik online
Sumber: unsplash.com

Wortel adalah sayur organik online yang paling disukai para Cipers.  Wortel telah dikenal luas sebagai sumber vitamin A.  Satu mangkuk wortel mengandung 52 kalori dan beta karoten yang setara dengan lebih dari 4 kali kebutuhan orang dewasa.

Konsumsi jus wortel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker darah sehingga baik dikonsumsi oleh penyintas leukemia.  Meski paling baik saat dikonsumsi mentah, kita masih bisa mendapatkan banyak manfaat wortel yang diolah sebagai campuran sup atau casserole.

4. Tomat

sayur organik online
Sumber: unsplash.com

Tomat lebih dikenal sebagai sayuran dibandingkan buah.  Tomat mengandung antioksidan yang berperan cukup besar dalam pencegahan kanker (likopen).  Sebuah riset menyimpulkan bahwa likopen mampu mengurangi resiko kanker prostat.

Antioksidan lain yang terkandung di dalam tomat, yakni lutein dan zeaxanthin berfungsi menjaga kesehatan mata.  Jika kebutuhan kedua jenis antioksidan ini terpenuhi, kita akan terhindar dari degenerasi makula.  Jenis gangguan penglihatan yang biasa terjadi pada manula.

Jika membutuhkan asupan likopen, sebaiknya kita mengonsumsi tomat yang telah dimasak.  Sebab proses pemasakan akan meningkatkan 171% kandungan likopen.  Sebaliknya jika kita membutuhkan asupan vitamin C, konsumsi dalam bentuk mentah adalah cara yang paling tepat.

5. Kale

sayur organik online
Sumber: Shutterstock.com

Konsumsi kale sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein).  Kale juga akan meningkatkan kadar HDL (High Density Lipoprotein), jenis kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh.  Untuk mendapatkan manfaat ini, Cipers dapat mengolah kale menjadi jus dan mengonsumsinya setiap hari.

Dalam sebuah penelitian yang dlansir dari Medical  News Today,  mengonsumsi 150 ml jus kale dalam rentang waktu 3 bulan akan menurunkan 10% kadar LDL  atau kolesterol jahat.  Sebaliknya, konsumsi jus kale dengan aturan tersebut dapat meningkatkan 12% kadar HDL di dalam tubuh kita.  Selain diolah menjadi jus, kale dapat dikonsumsi sebagai dishes, salad, dan juga chips.

Gimana nih, Cipers pasti sudah sering kan mengonsumsi kelima jenis sayuran diatas?  Nah,  jenis-jenis sayuran diatas selalu tersedia di aplikasi ataupun web store Kecipir.  Cara belanjanya gampang banget.

Cipers pilih sayurannya, selesaikan pembayaran, lalu duduk manis sembari menunggu sayuran diantar hingga di depan rumah.  Ada banyak sekali pilihan sayur organik online yang bisa kamu order loh!  Ayo hidup lebih sehat dan praktis bersama Kecipir!

Total Page Visits: 123 - Today Page Visits: 7
,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *