7 Manfaat Kesehatan Bawang Kucai

Bagi sebagian orang, bawang kucai tidaklah begitu familiar. Sayuran yang memiliki nama latin Allium Tuberosum ini sebenarnya sudah sering dijadikan sebagai sayuran ataupun lauk seperti pada bubur ayam.

Kucai merupakan spesies bawang yang aromanya sangat khas seperti bawang putih, bukan daun bawang. Kucai sering dipakai dalam Chinese food sehingga kerap disebut Chines chives.

Tak hanya enak untuk dimasak, bawang kucai memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan sebagai berikut :

Mencegah kanker

Flavonoid dan sulfur yang terdapat dalam kucai dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker perut. Kucai dapat melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker

Mengatasi masalah kulit

Kucai memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk mengatasi infeksi kulit. Gunakan kucai saat memakai lotion. Kucai juga dapat membunuh bakteri dan jamur saat kulit Anda mengalami memar.

Membantu mencegah jerawat

Beta karoten yang terdapat dalam kucai bermanfaat untuk membersihkan kulit, sehingga kulit terbebas dari jerawat. Asupan periodik kucai dapat mencerahkan kulit.

Menurunkan berat badan

Kucai banyak dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. Kucai sarat dengan antioksidan, serat, vitamin, kalsium dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Kucai mengandung allicin, sama seperti bawang putih dan daun bawang. Allicin dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk menghilangkan bakyeri dan jamur dalam saluran usus.

Mencegah sembelit

Kucai kaya akan serat makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Fiber yang terdapat dalam kucai mampu menghilangkan sembelit.

Mencegah rambut rusak

Daun kucai dapat memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Kucai digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut, karena dikenal untuk menghentikan rambut rontok.

 

Sumber Artikel : Blog Manfaat Tumbuhan Buah

 

3280total visits,5visits today

,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *