8 Khasiat Krokot Untuk Kesehatan

 

Krokot yang jarang diketehui banyak orang ternyata dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat krokot untuk kesehatan ini meliputi kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan dan sebagainya. Hal ini dikarenakan krokot memiliki kombinasi yang tepat akan antioksidan, asam lemak omega 3, kalium, kalsium, magnesium, karoten dan berbagai nutrisi lainnya.

 

Asal Usul Krokot

Krokot merupakan tanaman tahunan yang berasal dari Persia, Afrika dan India. Tanaman krokot ini akan tumbuh dari akhri musim semi sampai awal musim gugur. Krokor dibawa ke Eropa pada abad ke-8 oleh orang-orang Arab yang digunakan sebagai pengobatan herbal. Dari Eropa, tanaman krokot kemudian menyebar ke Amerika Serikat.

 

Khasiat Krokot

Berikut ini adalah delapan khasiat dari tanaman krokot untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Krokot dapat merangsang produksi sel darah merah karena tingginya kandungan zat besi dan tembaga. Kedua mineral ini sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi, yang berarti lebih banyak oksigen yang dikirim ke berbagai bagian penting dalam tubuh, meningkatkan kecepatan penyembuhan sel dan organ, meningkatkan pertumbuhan rambut dan efisiensi metabolisme.

 

Tulang Yang Kuat

Krokot mengandung kalsium, magnesium, zat besi dan mangan yang cukup. Zat-zat tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang dalam tubuh kita. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis.

 

Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta karoten telah berkaitan dengan kesehatan mata dan penglihatan selama bertahun-tahun. Krokot dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak dengan menghilangkan radikal bebas yang menyerang sel-sel mata dan yang dapat menyebabkan penyakit umum lainnya yang berkaitan dengan usia.

 

Mencegah Resiko Kanker

Krokot mengandung vitamin C dan A, yang keduanya berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker tertentu, khususnya kanker paru-paru dan kanker mulut. Beta-cyanis dan beta-xanthins telah berkaitang langsung dengan efek anti-mutagenik dalam  tubuh, yang berarti bahwa mereka dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan mutasi pada sel-sel sehat, sehingga dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

 

Mencegah Penyakit Pada Saluran Gastrointestinal

Dalam pengobatan tradisional Cina, krokot secara luas digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan seperti diare, wasir dan disentri. Krokot (dikenal sebagai Ma Chi Xian dalam pengobatan Cina) masih digunakan sampai hari ini untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan pada usus.

 

Perkembangan Anak

Meskipun masih dilakukan penelitian mengenai hal ini, studi awal telah menunjukkan bahwa tingkat tinggi akan omega 3 pada anak-anak dapat memberikan efek menurunkan resiko yang berkaitan dengan gangguan perkembangan tertentu, termasuk autisme dan masalah lain yang mempengaruhi jutaan anak di seluruh dunia.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Krokot mengandung rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi dan dikemas dengan serat makanan. Hal ini berarti bahwa Anda dapat merasa lebih kenyang setelah mengonsumsi krokot, sehingga dapat membantu Anda yang sedang berjuang dalam menurunkan berat badan atau mempertahankan diet.

 

Kesehatan Jantung

Krokot mengandung asam omega 3 yang dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda. Omega 3 dapat membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mengontrol keseimbangan kolesterol sehat dalam aliran darah.

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan omega 3, termasuk krokot dan minyak ikan, telah terbukti secara siginifikan dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, serta aterosklerosis, sehingga mencegah serangan jantung dan stroke.

Selanjutnya, kalium yang ditemukan dalam krokot juga dapat mengurangi tekanan darah, karena berperan sebagai vasodilator, yang berarti bahwa hal itu dapat melemaskan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada jantung.

 

Peringatan dan Efek Samping Krokot

Seperti makanan lainnya, mengonsumsi krokot yan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Dalam hal ini, krokot memiliki konsentrasi tinggi akan asam oksalat, sehingga krokot memiliki kemungkinan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang disebabkan karena pembentukan batu ginjal.

Baca juga : Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Krokot

 

767total visits,5visits today

,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *