8 Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang disajikan sebagai lauk pauk. Hal ini dikarenakan rasa ikan yang sudah diolah terasa gurih sehingga sangat cocok dijadikan lauk. Selain dijadikan lauk, ikan ini juga banyak diolah menjadi beragam cemilan atau makanan ringan.

Beragam masakan bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku ikan. Bukan hanya karena rasa ikan yang lezat dan dijadikan berbagai macam kreasi menu masakan saja yang membuat ikan menjadi favorit setiap orang. Namun juga karena kandungan gizinya yang tingginya dan juga harganya yang terjangkau, semakin menjadikan ikan sebagai makanan favorit. Berbagai jenis ikan dapat sebagai bahan makanan, salah satunya adalah daging ikan dori.

Kandungan Nutrisi Ikan Dori

Semua jenis ikan mengandung nilai gizi yang tinggi. Hal ini sudah diketahui oleh banyak orang . Ikan merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan lauk yang leza dan giziny banyak. Hampir semua ikan mengandung gizi yang sangat banyak, termasuk juga ikan Dori. Berikut beberapa kandungan nutrisi ikan Dori yang terkenal:

  • Omega 3
  • Yodium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Taurin
  • Selenium
  • Flourida
  • DHA
  • EPA dan lain sebagainya.

Begitu banyaknya kandungan gizi yang dimiliki oleh seekor ikan Dori yang ukurannya tidak terlalu besar ini, jika kita amati kandungannya, ikan dori ini banyak mengandung zat gizi yang baik untuk bayi, seperti omega 3, DHA dan EPA dan juga lain sebagainya. Dari kandungan ini dapat diartikan bahwa ikan Dori ini sangat bermanfaat bagi bayi.

Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan

Memperkuat Otot

Kalau Anda rutin mengonsumsi ikan dori, Anda akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada ikan dori dapat memberikan kontribusi yang penting dalam pembentukan dan pemeliharaan sel dan jaringan ototmu sehingga ototmu akan jauh lebih kuat dalam jangka panjang.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata ikan dori mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan mata. Ikan dori memiliki kandungan vitamin A serta kalsium yang mampu menyehatkan serta mempertajam fokus pada mata sehingga jika And rutin mengkonsumsinya, maka mata Anda akan lebih sehat dan terbebas dari mata minus.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi Ikan dori juga bisa Anda jadikan salah satu cara dalam menjaga kesehatan kinerja jantung Anda, karena ikan dori mengandung berbagai mineral dan protein seperti kalium yang mampu menjadi nutrisi penting bagi kesehatan.

Daging ikan dori juga mengandung asam amino yaitu Taurin yang bisa menggerakkan mineral magnesium, kalium serta natrium dalam membran sel. Ketiganya sangat baik dalam menjaga fungsi jantung dan otak. Zat tersebut juga terbukti bisa menjaga kekuatan otot jantung, sehingga dapat mencegah aritmia dan gagal jantung. Selain itu, ikan dori juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus dalam pemeliharaan kinerja jantung.

 

Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan gizi yang paling banyak pada ikan dori adalah zat omega 3. Zat ini sudah terbukti memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak termasuk mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru terutama pada anak usia pertumbuhan sehingga dapat meningkatkan kecerdasan.

 

Menjaga Kesegaran Kulit

Kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan dori juga ternyata memiliki dapat positif bagi kecantikan kulit. Omega 3 pada ikan dori bisa membantumu dalam menjaga kulit agar tidak mudah keriput karena sel-sel yang rusak mampu diperbaiki oleh omega 3 yang ada pada ikan dori. Selain itu, omega 3 juga bisa membuat kulit jauh lebih segar dan kencang.

 

Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan dori juga mengandung zat magnesium yang memiliki manfaat sama dengan vitamin D, yaitu menjaga tulang Anda supaya tetap sehat. Magnesium bekerja sama dengan vitamin D, tembaga, zinc dan lainnya untuk mengatur tingkat kalsium dalam tubuh. Magnesium juga sangat diperlukan ibu hamil, untuk mengurangi osteoporosis dan meningkatkan toleransi sakit. Sehingga proses pengiriman lancar dan tekanan darah optimal.

 

Bermanfaat Untuk Penderita Darah Tinggi

DHA dan EPA pada ikan dori tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi saja, melainkan juga bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Keduanya juga memiliki peran yang sangat penting seperti menjaga fungsi retina mata dan otak, sebagai anti radang alami bagi penderita radang sendi, alergi atau asma.

 

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam ikan dori. Disarankan untuk mengonsumsi daging ikan dori yang budidaya nya secara organik, agar terbebas dari zat kimia berbahaya. Anda bisa mendapatkan daging ikan dori di Kecipir.com.

Baca juga : Resep Fish and Chips Ikan Dori

 

2056total visits,6visits today

,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *