Ayam Dengan Ramuan Herbal


Sekilas, kandang ternak ayam di wilayah Rumpin, Tangerang Selatan itu tampak seperti kandang-kandang ternak lainnya. Namun jika kita hadir di dekatnya dan memperhatikan lebih teliti, nyata benar bedanya. Pertama-tama, konsentrasikan penciuman anda. Peternakan ayam pada umumnya –mohon maaf– dari jarak lumayan jauh saja sudah tercium aroma yang kurang enak dari kotorannya. Namun di peternakan ini, dari jarak cukup dekat pun nyaris tidak tercium bau kurang enak itu.

Hal lain yang patut menjadi perhatian adalah soal lalat. Baik di kandang, maupun di lokasi pengolahan dan pembersihan ayam, nyaris tidak terlihat jumlah lalat yang beterbangan, padahal semua dilakukan di ruang terbuka. Mungkin karena aroma bau yang nyaris tak tercium, menyebabkan jumlah lalat yang muncul menjadi minimal. Kedua hal di atas yang menjadi ciri paling mudah bagi orang awam saat mengunjungi peternakan ayam probiotik. Pakan probiotik yang diberikan berdampak pada berkurangnnya bau dan secara tidak langsung meningkatkan kebersihan.

Herbal ProbioAyam Probio atau yang disebut dengan Ayam Herbal yang sedang trend dalam segi kesehatan, dengan budi daya yang tidak menggunakan bahan kimia suntikan atau tetes obat tambahan. Tidak jarang Harga yang ditawarkan menjadi sedikit lebih mahal. Di Rumpin, ramuan herbal dibuat oleh ahli mikrobiologi dari sebuah institusi penelitian dan penerapan teknologi yang tidak jauh dari lokasi peternakan. Ramuan itu sebagai pengganti dari bahan bahan kimia yang ditambahkan untuk ayam. Kandungan herbal yang ada di dalamnya antara lain : Rimpang, Madu, Sari Kurma, Habbatussauda (Jinten Hitam), dan lain-lain yang tergabung menjadi unsur pakan prebiotik. Pakan ini menjadi padanan dari bakteri probiotik (bakteri di dalam sistem pencernaan).

Dari produk ayamnya ada beberapa ciri-cirinya:

  1. Ayam tidak mudah berbau dan tahan lama, dapat lebih tiga bulan di dalam pendingin beku.
  2. Warna daging ayam tampak kemerahan.
  3. Rasa lebih gurih.
  4. Rendah lemak dan kolesterol .
  5. Kotoran ayam tidak mengeluarkan aroma yang busuk.
  6. Umur ayam kurang dari tiga puluh hari sudah dapat dipanen.

Kandungan ProbioProses dari Budidaya Ayam Probio :

  1. Bibit Ayam (DOC) hingga berumur 15 hari diminumkan gula merah agar selalu segar dan tidak mudah Sakit.
  2. Secara bertahap mulai berumur 15 hari pakan ayam diganti dari pakan pur atau dedak ke pakan dengan campuran herbal yang diberikan 1 hari 3 kali. Setelah cukup besar, barulah sepenuhnya diberi pakan prebiotik.
  3. Menjelang umur tiga puluh hari dengan berat 1,2kg – 1,5kg ayam sudah dapat dipanen. Proses pemotongan dilakukan dengan cara halal sesuai prosedur dari MUI ( Majelis Ulama Indonesia).

 

4887total visits,1visits today

,,,,