Chinese Chicken Salad Spring Rolls

Ramuan  salad ayam Cina dalam gulungan sayuran berwarna-warni ini dijamin menjadi hidangan segar yang sempurna untuk menu berbuka puasa. Cara memasaknya pun sederhana seperti membuat crêpes atau pancake.

Saus untuk gulungan ini adalah campuran kecap manis-gurih, jahe, cuka beras, gula merah, dan minyak wijen. Untuk bungkus kertanya akan mengering dengan mudah, jadi pastikan bungkus gulungannya  kencang di dalam bungkus plastik dan biarkan pada suhu kamar selama beberapa jam. Jangan mendinginkannya di dalam kulkas ya, karena bungkusnya akan cepat mengering dan menjadi rapuh.

Berikut langkah-langkah pembuatannya: (untuk porsi  12 spring rolls)

Untuk saus:
3 sdm kecap
3 sdm minyak sayur
3 sendok makan jahe segar dan dikupas
2 sendok makan cuka beras
1 1/2 sendok makan gula merah tua
3/4 sdt minyak wijen panggang

Untuk membungkusnya:
1/2 mentimun ukuran sedang
12 (8 1/2 inci) bungkus kertas nasi/kulit lumpia (disarankan menggunakan rice paper)
1 (11-ons) bisa jeruk mandarin, tiriskan
1 1/2 cangkir ayam masak yang sudah disuir atau dipotong kecil-kecil (sekitar 6 ons)
1 cangkir chow mein goreng atau mie goreng potongan bungkusnya
1/2 selada romaine, pisahkan daunnya
1/4 kubis merah, pisahkan daunnya

Untuk sausnya: Kocok semua bahan untuk digabungkan; sisihkan.

Untuk membungkus: Potong mentimun jadi panjangnya 5 inci. Potong memanjang seperti papan tebal 1/4-inci. Pastikan semua bahan terbungkus erat dan Anda memiliki talenan bersih dan kering. Isi wajan kue bundar atau pie dengan air panas. Anda harus bisa menyentuhnya dengan nyaman (untuk bungkus kertas nasi/lumpia).

Letakkan 4 jeruk Mandarin berturut-turut pada pembungkus, kira-kira 2 inci dari bawah. Tempatkan sendok makan ayam pada bungkus tepat di atas jeruk dan atur agar menjadi sama panjang seperti jeruk. Posisi jeruk di atas kemudian ayam dengan 3 batang mentimun. Taburi sekitar satu sendok makan mi goreng di atas mentimun. Di atas mentimun taburkan dengan lapisan selada dan lapisan kubis, robek selada dan kubis dengan tangan Anda yang diperlukan sehingga mereka hanya menutupi bahan lainnya.

Lipat sisi bungkus ke arah tengah. Gulingkan bagian bawah bungkusnya dengan rapat di atas isi dan terus bergulung sampai benar-benar tertutup. Tempatkan jahitan ke bawah pada piring besar atau selembar roti dan tutup dengan handuk kertas yang lembab.

Lanjutkan dengan melembutkan dan mengisi bungkus yang tersisa, mengganti air yang dibutuhkan jika terlalu dingin. Potong gulungan dalam setengah melintang jika diinginkan dan sajikan dengan saus.

Catatan Resep: Gulungan  ini bisa dibuat hingga 2 jam sebelumnya. Tutup rapat dengan bungkus plastik pada suhu normal kamar. Lihat panduan penataan bahan-bahan seperti gambar yang sudah ada di atas resep.

Sumber: http://www.thekitchn.com/recipe-chinese-chicken-salad-spring-rolls-228385

1913total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *