Endive/Andewi, Si Hijau Keriting Yang Berkhasiat

Endive atau Andewi memiliki nama latin cichorium endivia merupakan jenis sayuran yang termasuk keluarga sawi. Tampilannya pun jelas mendekati sawi bakso atau selada air dengan bentuk daunnya yang keriting, tentu rasa di lidah memiliki tekstur lembut dan renyah karena mengandung serat dan kadar ait tinggi.

Sayuran ini cocok untuk Anda yang sedang diet rendah kalori karena mengandung serat yang tinggi sehingga membantu untuk mencegah kita dari rasa lapar yang berlebihan. Endive juga mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Endive juga mengandung vitamin E dalam tubuh, serta membantu untuk menurunkan resiko berkembangnya sel-sel kanker.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari Endive (per cup):

  • Energi — 25 Kcal
  • Protein — 1.6 Gram
  • Lemak — 0.2 Gram
  • Karbohidrat — 5.3 Gram
  • Kalsium — 33 Mg
  • Fosfor — 66 Mg
  • Zat Besi — 1.0 Mg
  • Vitamin B1 — 0.14 Mg
  • Vitamin C — 10 Mg
  • BDD — 80%
  • Air — 91.8 Gram

Khasiat Daun Endive Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi daun endive sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Disamping itu ada beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun endive. Berikut penjelasannya:

 

Mengatasi Insufisiensi Empedu, Anoreksia dan Masalah Lambung

Rasa pahit yang terdapat di dalam daun endive dapat bertindak sebagai diuretik-depurative dan pencahar ringan bagi penderita insufisiensi empedu, anoreksia, serta masalah lambung.

 

Melancarkan Pencernaan

Daun endive termasuk dari salah satu jenis sayuran yang kaya serat alami. Mengkonsumsi sebagai salad dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin memiliki pencernaan yang lancar

 

Mengurangi Resiko Penyakit Darah Tinggi, Jantung dan Stroke

Daun endive berfungsi untuk mengontrol lemak jahat (kolesterol) di dalam tubuh serta menjaga fungsi hati, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi, jantung dan juga stroke.

 

Dapat Digunakan Untuk Penyembuhan Scoliosis

vitamin yang terkandung di dalam daun endive memiliki manfaat yang bagus bagi tulang. Kandungan kalsium dan mineral pada daun endive memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tulang. Bagi Anda yang sedang dalam proses penyembuhan scoliosis dapat mengimbangi dengan mengkonsumsi daun endive bagi salad.

 

Menurunkan Berat Badan

Serat daun endive sangat bermanfaat untuk mengikat lemak di dalam tubuh. Jadi sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin melakukan diet secara alami. Di dalam 100 gr daun endive terdapat 17 kalori.

 

Melindungi Tubuh Dari Ancaman Kanker

Kandungan zat aktif pada daun endive sangat berperan untuk mencegah terjangkitnya kanker yang diakibatkan oleh pencernaan. Selain itu antioksidan pada daun endive dapat menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker pada tubuh. jenis kanker tersebut seperti kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker usus besar, kanker prostat pada laki-laki.

 

Mencerahkan Kulit

Kandungan kolaen dan vitamin C pada daun endive sangat bermanfaat bagi kulit tubuh apabila kita mengkonsumsinya secara rutin. Selain dapat meremajakan kulit secara alami, dapat pula mencerahkan kulit.

 

Mencegah Alzheimer

Khasiat daun endive yaitu untuk melindungi sistem kerja otak sehingga dapat membantu mencegah terjangkitnya penyakit Alzheimer. mengkonsumsi daun endive setiap pagi dapat menjadi cara mudah untuk menguatkan fungsi kerja otak.

Bagi Anda seorang vegetarian memasukkan daun endive ke dalam list sayuran yang Anda konsumsi sangat tepat sekali. Mengingat manfaat dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam daun endive sangat banyak. Sekaligus menjadikan daun ini sebagai alternatif untuk menjaga kebugaran tubuh secara alamiah.

Sayur endive yang terbaik adalah yang organik karena dalam proses penanamannya tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia yang berbahaya. Anda bisa mendapatkan endive organik di kecipir.com atau klik link berikut ini Sayur Endive Organik

2370total visits,12visits today

,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *