FAQ Kecipir.com

1.Bagaimana Cara Belanja di Kecipir?

Di Kecipir, anda memesan langsung ke Petani Mitra, mereka panen dan kami antar ke Agen, gratis. Pertama-tama pastikan Agen yang Anda pilih adalah agen terdekat dari lokasi Anda. Kedua, pastikan tanggal pengantaran sudah sesuai. Setelah itu anda bisa mulai memesan dan kemudian melakuan pembayaran. Pembayaran dapat melalui transfer Virtual Account, Kartu Kredit ataupun deposit Greencash. Batas waktu pembayaran maksimal adalah 24 jam setelah order.

2. Mengapa Sayuran Kecipir tidak bisa diterima segera?

Setelah order diterima oleh petani pada sore harinya, esok pagi hingga siang dilakukan pemanenan di kebun. Siang hingga sorenya dilakukan pengumpulan ke pusat distribusi dan disortir. Malam hingga subuh mulai berjalan distribusi ke Jabodetabek.

Kecipir tidak melakukan stok panenan untuk meminimalisir limbah/ panenan yang terbuang apabila tidak dipesan. Prinsipnya adalah: anda pesan, kami panen.

3. Apakah sayuran Kecipir organis?

Ya, sayuran Kecipir organis

Sayuran di Kecipir terdiri dari 4 tingkat keorganisan:

  • Tingkat A+: Sayuran yang ditanam di lahan organis alami seperti pinggir hutan atau di hasil hutan non kayu (NTFP: non-timber forest product) dalam hutan yang belum tersentuh pupuk dan pestisida kimia. Sayuran ini masih alami dan membuka kesempatan warga pinggir hutan meningkatkan pendapatan tanpa merusak hutan. Contoh: madu dan buah hutan.
  • Tingkat A: Sayuran organis yang sudah tersertifikasi. Sayuran organis tingkat A sudah dijamin keorganisannya
    oleh badan sertifikasi baik yang berbasis komunitas maupun lembaga resmi.
  • Tingkat B: Sayuran perlakuan organis, belum tersertifikasi, sayuran ini belum ada jaminan resmi keorganisannya namun hanya berdasar pada kepercayaan dan pemeriksaan berkala dari Kecipir kepada petani bahwa budidayanya tanpa penggunaan pestisida maupun pupuk kimia.
  • Tingkat C: Sayuran sehat dan bebas residu pestisida, sayuran dengan budidaya semi organis yang memberi kesempatan petani konvensional yang baru belajar bertani organis namun belum sanggup melepas
    penggunaan pupuk kimianya.

4. Apakah semua pesanan pasti bisa dipanen?

Pesanan di Kecipir langsung dipanen oleh Petani Mitra dengan demikian memastikan keorganisannya dan kesegarannya. Namun, pertanian terkadang menghadapi kendala hama dan atau cuaca yang menyebabkan gagal panen. Jika terjadi gagal panen, kami pastikan 100% uang kembali ke dalam deposit Greencash Anda.

5. Mengapa harga sayuran Kecipir bisa bersaing dengan sayuran biasa?

Umumnya, rantai distribusi sayuran memiliki 5 titik distributor yaitu: 1. Pengepul, 2. Tengkulak, 3. Pasar Induk, 4. Pasar, 5. Pedagang Eceran. Rantai ini bisa lebih panjang lagi. Dari Produsen (Petani) hingga Konsumen (pembeli) harus melalui 5 rantai tersebut yang menyebabkan harga barang sayuran
meningkat.

Dengan sistem penjualan online seperti Kecipir maka rantai distribusi yang panjang dapat diperpendek menjadi Produsen > Kecipir > Konsumen. Selain memperpendek rantai distribusi, Kecipir juga berupaya agar jarak antara produsen dengan konsumen sedekat mungkin (lokal) sehingga memperkecil biaya transportasi. Kecipir juga bekerja sama dengan kelompok-kelompok tani yang berkeinginan membangun pertanian berkelanjutan (sehat bagi konsumen dan aman bagi lingkungan).

6. Saya ingin menjadi anggota Kecipir, namun wilayah saya belum terlayani oleh Kecipir, apa yang harus saya lakukan?

Anda tetap mendaftar di sini atau bisa kirim (Nama, Alamat dan Email) ke info@Kecipir.com. Kami akan
memberitahu bila wilayah anda sudah terlayani di kemudian hari.

7. Mengapa sayuran Kecipir beberapa ukurannya lebih kecil, dan terkadang bentuknya tidak sempurna?

Sayuran yang ditanam dengan cara organis menggunakan proses alami dalam budidayanya. Pemupukan dengan pupuk alami mengandung kadar N yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pupuk kimia.Unsur N penting
dalam pembentukan jaringan tumbuhan sehingga pada pertanian konvensional yang menggunakan NPK tanamannya bisa besar-besar dan hasilnya banyak. Namun, pupuk kimia kurang baik terhadap lingkungan karena mudah larut dalam air yang bila hanyut ke sungai dapat mencemari lingkungan.

Selain itu, pada budidaya organis tidak menggunakan zat racun pembunuh hama (pestisida), Umumnya petani organis menggunakan tumbuh-tumbuhan khusus untuk mengusir serangga. Tetapi, tidak semua serangga
terusir dan beberapa yang masih bertahan akan memakan sayuran para petani, hal inilah yang menimbulkan kerusakan pada sayuran. Namun, kerusakan tersebut juga merupakan tanda bahwa pertaniannya tidak memakai pestisida.

8. Apakah syarat-syarat menjadi Agen di Kecipir?

Bertanggung jawab, jujur, memiliki tempat untuk menampung sayuran sementara, ada yang berjaga saat member mengambil pesanan, mempunyai semangat membina komunitas konsumen yang berkelanjutan, sevisi dengan Kecipir, peduli dengan pertanian Indonesia.

9. Apakah syarat-syarat menjadi produsen di Kecipir?

Jujur, mampu bekerjasama, memiliki kesamaan visi dengan Kecipir, berkeinginan kuat membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan. Selanjutnya silakan isi formulir data Petani Mitra Kecipir di sini.

Baca juga : SOP Pengembalian Produk Tidak Sesuai Standar

13722total visits,14visits today

2 comments on “FAQ Kecipir.com”

  1. says:Wida nurfaidah

    Apakah saya bisa dapat info dimana sy bisa belanja di agen terkdekat saya,alamat sy di pamulang hill2 blok d1 no 4, kel pondok miri,kec gunung sindur,kab bogor

    1. says:Bibi Cipir

      Ibu silakan intall aplikasinya, nanti saat ibu registrasi, akan diarahkan ke Agen terdekat. Di daerah Pamulang Hill, Agen terdekat AGRI WISTA PRATIWI di Villa Pamulang Mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *