Ini Yang Terjadi Jika Anda Mengkonsumsi Okra

Okra yang juga memiliki nama lain lady’s finger, bhindi, bamia atau gumbo merupakan sayuran dari keluarga mallow. Sayuran ini dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, subtropis dan hangat. Okra merupakan sayuran yang rendah kalori dan bebas lemak sehingga baik untuk asupan nutrisi ketika diet.

Okra segar biasanya dapat dioleh dengan cara digoreng, direbus atau dijadikan acar. Biji okra juga sering dijadikan minyak okra yang tinggi kandungan lemak tak jenuh, seperti asam oleat dan linolenat.

Okra kaya akan kandungan serat, vitamin C dan K serta kandungan folat, kalsium dan potassium. Selain itu, okra juga mengandung niasin (vitamin B3), tiamin (vitamin B1), vitamin B6, magnesium, mangan, beta karoten dan lutein. Okra juga memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Beberapa kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat pada okra, sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah 10 manfaat utama dari okra:

Mengurangi Level Gula Darah

Okra memiliki senyawa seperti insulin yang sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah berlebih. Sayur ini juga memiliki kadar glikemik yang rendah, yaitu sekitar 20. Dengan kandungan nutrisi nya tersebut, okra sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Sebuah Studi pada tahun 2011 yaitu “Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences” menyebutkan bahwa kulit dan serbuk biji okra yang di uji cobakan ke tikus diabetes ternyata mengandung zat antidiabetic dan antihyperlipidemic yang bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah.

Studi lain pada tahun yang sama dari ISRN Pharmaceutics telah membuktikan bahwa okra membantu mengurangi penyerapan glukosa ke dalam darah, dimana ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Berikut ini resep minuman okra:

  1. Siapkan 4 atau 5 okra, lalu potong tiap ujung nya. Kemudian tusuk-tusuk okra dengan garpu dan belah bagian tengah nya.
  2. Rendam okra tersebut ke dalam segelas air selama semalam.
  3. Pagi harinya, sisihkan okra dari gelas tersebut lalu minum airnya dalam keadaan perut kosong belum sarapan.
  4. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

 

Mengurangi Kolesterol Jahat

Okra juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat. Studi pada tahun 2014 dari “Journal of the Federation of American Societies fot Experimental Biologi” menemukan bahwa aktivitas hypolipidemic dari ekstrak kulit okra memberikan manfaat sebagai penurun kolesterol. Ini menghambat aktivitas esterase kolesterol pankreas, mengurangi khasiat mikellisasi kolesterol dan mengikat asam empedu, yang pada gilirannya memperlambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi.

Selain itu, Okra tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jahat dan membantu mencegah penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh koleseterol dalam darah.

Baca Juga: Jus Ajaib Untuk Membersihkan Usus

Menjaga Kesehatan Kehamilan

Okra sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Vitamin B kompleks yang terkandung sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan perkembangan janin dan mencegah lahir dalam keadaan cacat seperti spinal bifida (cacat tulang belakang).

Selain itu, Sayur ini kaya kandungan asam folic (folat) yang bermanfaat membantu dalam memproduksi dan menjaga sel-sel baru, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kandungan. Folat juga dapat mencegah keguguran, vitamin C dalam okra juga memainkan peran penting dalam perkembangan janin.

Bagi Anda ibu yang sedang hamil, disarankan mengkonsumsi okra, terutama pada masa kehamilan 4 minggu dan 12 minggu, karena pada saat itu jaringan syaraf sedang berkembang pada janin.

 

Mencegah Penyakit Organ Hati

Okra membantu dalam membersihkan organ hati dan mencegah penyakit di dalamnya. Sayuran ini mengandung zat yang mengikat asam empedu dan kolesterol untuk proses detoksifikasi hati, bahkan dapat mencegah akumulasi lemak di dalam hati.

Studi pada tahun 2012 oleh Saudi Pharmaceutical Journal menyimpulkan bahwa kandungan antioksidan dari ekstrak okra mempunyai kemampuan untuk melindungi hati dari racun kimia berbahaya yang bisa merusak hati.

 

Membuat Rambut Lembut Bersinar

Antioksidan dan vitamin yang ada di dalam okra dapat membuat rambut menjadi lembut, bersinar dan mengembang. Okra juga mengandung nutrisi penting lainnya untuk rambut seperti tembaga, seng, kalium, folat dan tiamin.

Selain itu, lendir transparan dalam okra bekerja sebagai kondisioner alami dan menambah kehidupan pada rambut yang kusam. Berikut resep okra untuk rambut yang lembut dan bersinar.

  1. Masukkan 8 hingga 10 okra (dipotong secara hozintal) ke dalam pot/panci dengan 1 cangkir air lalu panaskan dengan api kecil.
  2. Biarkan hingga mendidih sampai Anda mendapatkan tekstur lengket.
  3. Setelah itu, angkat dari kompor dan tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau mint dan biarkan hingga ramuan mendingin.
  4. Saring campuran tadi menggunakan kain muslin dan simpan di dalam botol.
  5. Pakai ramuan kondisioner tersebut setelah keramas.
  6. Tunggu 5 menit lalu bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan air.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Okra adalah salah satu sumber makanan peningkat ketajaman mata. Sayuran ini mengandung vitamin A dan juga komponen antioksidan seperti beta karoten, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata.

Vitamin A berfungsi sebagai pelindung kornea dan lutein berfungsi sebagai pelindung mata dari sinar UV yang merusak serta zeaxanthin dapat membantu dalam menjaga kesehatan penglihatan.

Antioksidan pada okra juga dapat menghancurkan dan menetralisir radikal bebas dan produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel. Radikan bebas dapat menyebabkan degradasi sel dalam tubuh, termasuk yang bertanggung jawab atas kesehatan penglihatan.

 

Membuat Kulit Sehat

Beberapa nutrisi yang terkandung pada okra dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan kenyal. Vitamin C yang terkandung dapat memperbaiki dan memperbarui jaringan kulit yang rusak.  Selain itu, okra dapat mencegah dari jerawat, psoriasis dan penyakit kulit lainnya.

Okra menjadi salah satu sumber makanan yang kaya serat dan juga merupakan faktor penting untuk kesehatan kulit. Berikut adalah resep okra untuk menjaga kesehatan kulit:

  1. Panaskan dua cup okra yang sudah di cincang dengan dua cup air selama 10-15 menit.
  2. Angkat panci dari kompor lalu diamkan selama 10 menit.
  3. Keluarkan okra dan hancurkan dengan sedikit minya jojoba untuk dijadikan pasta.
  4. Anda bisa memakai pasta tersebut sebagai masker pada bagian wajah dan leher.
  5. Biarkan masker menempel selama 15 menit, lalu bilas dengan air.
  6. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Okra sangat baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Serat memfasilitasi penyerapan air untuk memudahkan penghapusan produk limbah dari dalam tubuh.  Selain itu, kandungan vitamin A dalam okra membantu fungsi saluran pencernaan dengan benar.

Untuk memperbaiki kesehatan pencernaan Anda, konsumsi satu sampai dua gelas okra setiap hari.

 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Asupan okra secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu sel darah putih berfungsi dengan baik dan mengembangkan kekebalan tubuh terhadap infeksi, penyakit fulu dan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas berbahaya.

Sifat antioksidannya yang kuat juga membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan penuaan dini.

 

Disarankan untuk mengkonsumsi okra organik, karena bebas dari cemaran pestisida berbahaya dan bebas dari pupuk kimia. Bagi Anda yang ingin membeli okra organik, bisa melalui kecipir.com atau klik link berikut ini Okra Organik

Baca juga : Resep Tumis Sayur Okra

 

Sumber:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3178946/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3263724/#B10
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1319016411000909

 

1280total visits,1visits today

,,,,,,