Kecipir Membantu Pemasaran Program Pemberdayaan Petani Green Horti Dompet Dhuafa

 

Proses pembibitan
Proses pembibitan

Green Horti merupakan salah satu program Dhompet Dhuafa sebagai pemberdayaan para petani. Untuk saat ini salah satu posko Green Horti Dompet Dhuafa terdapat di Desa Sindangjaya Cipanas Kab.Bogor. Program pemberdayaan tersebut mencangkup 1 Desa dan beruang lingkup 3 dusun yang membuat satu paguyuban kelompok tani. Paguyuban Sumber Jaya Tani adalah paguyuban yang dibentuk secara swadaya oleh masyarakat sebagai wadah bertukar informasi dan mewakili petani dalam berbagai kegiatan dan kerjasama dengan pihak lain . Program pemberdayaan Dompet Dhuafa beranggotakan 30 orang, setiap orang memiliki lahan garapan seluas 2000 meter. Lahan garapan tersebut tidak semuanya milik petani karena sebagian besar lahan milik orang Jakarta. Untuk lahan petani biasanya menyewa atau berbagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Program yang dilakukan Dompet Dhuafa lebih kepada membantu para petani untuk membantu fasilitasi input produksi seperti bantuan benih, pupuk, dan saprotan lainnya.

Cipanas Green Horti

Sayur Ocra ditanama dalam konsep multicrop.
Sayur Ocra ditanama dalam konsep multicrop.

Cipanas Green Horti3

Pada saat ini Paguyuban Sumber Jaya Tani yang dibina Dompet Dhuafa sudah menanam beberapa jenis sayur-sayuran diantaranya: Pakcoy, Brokoli, Wortel, Labu Siam, Seledri, Kailan, Daun Gingseng Jawa, Okra merah dan hijau, Selada, Daun Bawang, Horenso, Bit, Lobak, Kacang Merah, dan Buncis dan Butter Nut Squash. Setidaknya jenis tanaman inilah yang sudah dibudidayakan oleh petani binaan. Dan Brokoli – Bit – horenso – kacang merah – kailan menjadi produk unggulan dari Green Horti. Melihat adanya potensi tersebut Kecipir memutuskan untuk mencoba bekerja sama dengan Green Horti Dompet Dhuafa untuk ikut berpartisipasi membantu pemasaran produk pemberdayaan pertanian tersebut.

whatsapp-image-2016-11-22-at-3-06-41-pm whatsapp-image-2016-11-22-at-3-06-42-pm whatsapp-image-2016-11-22-at-3-06-45-pm whatsapp-image-2016-11-22-at-3-06-47-pm

Dikelilingi lahan pertanian konvensional, harapannya suatu hari mereka semua menjadi petani organis.
Dikelilingi lahan pertanian konvensional, harapannya suatu hari mereka semua menjadi petani organis.

 

 

4435total visits,3visits today

,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *