Khasiat Kentang Merah yang Jarang Diketahui

Manfaat Kentang Merah

Kentang merah mungkin masih sedikit asing di tengah masyarakat karena umumnya kentang putih lah yang sering digunakan sebagai bahan makanan. Namun sebenarnya, sudah banyak yang membudidayakan kentang merah ini. Tak kalah dari kentang putih, kentang merah juga memiliki banyak manfaatnya. Terutama bagi mereka yang ingin menjalani diet, manfaat dari kentang merah ini sangat terasa untuk menurunkan badan.

Sebelum mengetahui apa saja manfaat kentang merah, mari kita simak apa saja sih kandungan di dalamnya :

  • Kandungan natrium dan alkalin

Karena tingginya kandungan natrium dan alkali pada kentang merah, kentang merah berkhasiat untuk meningkatkan pH dengan kadar yang terlalu asam di dalam tubuh.

  • Kandungan air

Bila dibandingkan dengan kentang lain, kandungan air pada kentang merah cukup tinggi, yaitu 78%.

  • Kandungan kalori

Jumlah kalori untuk 1 buah kentang merah panggang ukuran sedang kurang lebih 154 Kkal sedangkan kandungan vitamin C nya skitar 21,8 mg.

  • Kandungan mineral

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sangat baik sekali kalo kamu mencoba diet kentang merah ini. Karena sudah terbukti berhasil untuk menurunkan 1-3kg/ minggu.

  • Kandungan karbohidrat
  • Kandungan niasin, thiamin, dan protein

Setelah mengetahui apa saja yang dikandung dalam kentang merah, sekarang saatnya untuk apa saja manfaat yang didapat bila kita mengkonsumsi kentang merah.

  1. Meningkatkan ph

Tubuh akan lebih sehat bila kandungan phnya cukup. Kadar idealnya adalah 7,35-7,45/. Dengan Ph ideal maka tubuh manusia akan lebih baik dalam menahan penyak Lalu, kandungan kentang merah baik untuk meningkatkan pH dengan kadar yang terlalu asam di dalam tubuh.

  1. Mencegah Sel – Sel Kanker

Tak hanya umbinya yang bermanfaat untuk tubuh, teryata kulit kentang merah pun bermanfaat bagi tubuh. Kulit kentang yang berwarna merah, banyak  kandungan asam klogenik yang memiliki manfaat untuk mencegah sel-sel kanker. Karena kandungan protase inhibitornya yang tinggi pada kentang juga dapat menankal virus-virus sel kanker dalam tubuh.

  1. Melawan Radikal Bebas

Kentang merah juga ternyata dapat melawan radikal bebas karena dalam kentang terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut mampu dan baik untuk melawan radikal bebas didalam tubuh manusia.

  1. Untuk Program Diet

Seperti yang kita ketahui, bahwa kentang merah merupakan tanaman yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini jugalah yang menyebabkan kentang merah bisa menggantikan peran nasi putih ketika kita melakukan program diet. Sehingga Anda tidak akan mengkonsumsi lebih banyak makanan atau nasi putih jika sudah mengkonsumsi kentang merah ini.

  1. Kesehatan Saraf

Kentang bisa mempengaruhi kesehatan saraf. Dalam kentang mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin B6 dan juga potassium yang bisa menjaga kesehatan saraf. Karena kesehatan sistem berpikir tersebut sangat penting. Agar tubuh menjadi tetap pada jalurnya dan tidak mengalami gangguan.

  1. Kesehatan Otak

Jika kentang bisa menguatkan kesehatan saraf dan sistemnya. Maka kentang bisa menyehatkan otak. Otak merupakan pusat dari penggerak seluruh tubuh. Jika terjadi sesuatu maka tubuh bisa langsung mengalami kematian. Untuk itu kentang dan kandungan mineral, vitamin B6 dan potassiumnya bisa meningkatkan kesehatan otak dan juga daya berpikir.

  1. Kesehatan Gigi

Kenapa anak bayi baru memiliki gigi diberikan kentang ? kentang yang direbus atau dikukus memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, kentang memiliki kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk kesehatan gigi. Sehingga ada baiknya anak anda rajin mengonsumi kentang.

  1. Mengurangi Peradangan

Peradangan sering terjadi karena kita sering mengonsumsi makanan yang dianggap “panas” untuk tubuh. Peradangan biasanya terjadi dan menyebabkan panas dalam di tubuh. Dengan mengonsumsi kentang anda akan menyerap zat besi dan vitamin yang dipercaya untuk menyembuhkan peradangan di tubuh.

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kentang ini juga mengandung serat tinggi yang mampu menyehatkan sistem pencernaan. Bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan untuk menyehatkan pencernaan ini.

  1. Meredakan Stress

Jika Anda penat dengan pekerjaan atau sekolah dan merasa stress, pasti menyenangkan bukan memakan kentang goreng atau kentang rebus. Nah, hal ini terjadi karena kentang mengandung vitamin B6 yang meredakan stress dalam pikiran. Ada baiknya anda juga mengonsumsi secara rutin, agar pikiran anda tetap terkendali dan hormon adrenalin bisa diperbaharui sehingga tubuh anda selalu rileks.

Sumber : Blog Khasiat

 

2420total visits,1visits today

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *