Kupas Tuntas Teh Kombucha

image from: iStock/sveta_zarzamora

Kombucha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini berbahan dasar teh yang difermentasi. Untuk lebih tahu apa itu teh kombucha, manfaatnya dan cara pembuatannya, yuk cek bacaan dibawah ini.

Apa Sih Kombucha Itu?

Kombucha adalah minuman teh tradisional Jepang yang difermentasi, berbahan dasar teh hitam dan gula. Kombucha mengandung beberapa vitamin, mineral dan enzime yang telah dipercaya sejak lama memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh.

Lebih spesifiknya, Kombucha adalah teh manis yang difermentasi dengan jamur SCOBY (Symbiotic Colony of Bacteria and Yeasy) atau dalam bahasa Indonesianya Sebuah koloni/kumpulan simbiotik dari bakteri dan ragi. SCOBY ini berfungsi untuk menghasilkan minuman yang kaya akan nutrisi. Proses fermentasi tersebut memakan waktu 7-12 hari, tergantung dari suhu dan ketahanan dari SCOBY. Selama proses fermentasi, SCOBY tersebut akan mengkonsumsi hampir 90% gula yang ada di dalam teh, sehingga hasilnya berupa minuman yang rendah gula. Proses tersebut mirip dengan proses fermentasi pada susu kefir.

SCOBY: Sebuah Koloni Mikroba

SCOBY adalah koloni dari mikroba yang berperan untuk mengubah teh yang manis menjadi minuman probiotik. Pada dasarnya, SCOBY adalah koloni hidup organisme menguntungkan yang mengubah gula menjadi asam dan probiotik yang sehat.

SCOBY bisanya disebut juga “Mushroom” oleh karena itu kombucha biasa disebut “Mushroom Tea”. SCOBY berbentuk seperti cakram karet yang akan menutupi permukaan dari larutan teh sehingga udara tidak bisa masuk. Sehingga fermentasi dari teh kombucha terjadi dalam keadaan anerobic (tanpa udara).

SCOBY biasa juga disebut “The Mother”, selama proses fermentasi, SCOBY juga akan menghasilkan kultur/koloni baru yang disebut  “baby” pada bagian atasnya. Kultur baru tersebut juga bisa dipakai untuk proses fermentasi lainnya. SCOBY bisa disimpan sampai bertahun-tahun, jika ditempatkan dengan baik.

Nutrisi Kombucha

Minuman berfermentasi ini mengandung probiotik dan asam yang bermanfaat. Kombucha lebih rendah kalori dibandingkan minuman berkarbonasi lainnya, dengan hanya 30 kalori per gelas (8 ons). Kombucha juga bebas lemak dan tidak mengandung protein apapun.

Selain itu, satu gelas kombucha juga mengandung karbohidrat sebesar 7 gram dan vitamin B 20% dari kebutuhan asupan harian. Berikut ini kandungan nutrisi secara lengkap dari satu gelas kombucha (8 ons).

  • Asam Asetat 30 mg
  • Asam Laktat 25 mg
  • Asam Glukuronat 10 mg
  • EGCG 100 mg
  • S. Boulardii: 1 milyar organisme
  • Bacillus coagulans GBI-30 6086: 1 miliar organisme

Bagaimana rasanya?

Teh fermentasi ini memiliki rasa sedikit manis dan sedikit tajam, seperti rasa vinegar atau cuka. Rasa juga bisa berbeda-beda tergantung dari proses pembuatannya. Kombucha juga bisa diberikan rasa-rasa buah-buahan dan herbal, misalnya rasa jahe, buah naga, lemon dan lain-lain.

Manfaat Kombucha dan Probiotik

Minuman tradisional ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membantu tubuh tetap sehat. Manfaat dari kombucha kemungkinan berasal dari enzim dan asam bermanfaat yang terkandung di dalamnya, termasuk Laktobasilus, Gluconacetobacter dan Zygosaccharomyces. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, kombucha mengandung probiotik, enzim dan asam yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Harvard Medical School menjelaskan bahwa usus yang sehat akan memiliki 100 triliun lebih mikroorganisme dari 500 spesies yang berbeda. Telah banyak muncul penelitian tentang efek negatif dari pemakaian antibiotik dan sabun antibakteri secara berlebihan yang dapat mengubah struktur usus kita dan dapat mematikan bakteri-bakteri baik yang terdapat di dalamnya.

Mengkonsumsi minuman seperti Kombucha, Susu Kefir yang mengandung banyak bakteri baik, enzim dan asam yang bermanfaat, dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan penceranaan.

Detoksifikasi Alami dan Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ detoksifikasi utama yang dimiliki tubuh. Kombucha mengandung asam Glucaric yang tinggi, yang bermanfaat bagi hati dan membantu proses detoksifikasi alami.

Kombucha juga mendukung bakteri dan pencernaan usus yang sehat serta membantu tubuh mengasimilasi makanan dengan lebih mudah dan menyediakan energi yang cepat dan mudah tanpa kafein.

Meningkatkan Sistem Imun

Kombucha kaya akan kandungan antioksidan alami dan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kombucha mengandung antioksidan bermanfaat yang disebut D-saccharic acid-1,4 lactone atau DSL. Antioksidan tersebut tidak ditemukan pada teh yang tidak difermentasi (walaupun teh banyak mengandung antioksidan lainnya). DSL telah diteliti ternyata memiliki manfaat dalam detoksifikasi sel-sel tubuh.

Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Persendian

Kombucha juga merupakan sumber alami dari zat glukosamin, zat ini bermanfaat dalam menunjang kesehatan persendian dan juga meringankan sakit persendian. Glukosamin secara alami meningkatkan asam hyluronic dalam tubuh dan membantu melindungi dan melumasi persendian. Dalam beberapa uji coba, asam hyloronic juga dapat meringankan dan meredakan rasa sakit di persendian.

Minuman Alternatif Bernutrisi

Teh fermentasi bersoda ini merupakan alternatif yang menarik untuk minuman berkarbonasi dan  memberikan probiotik dan nutrisi yang tidak ada di dalam minuman soda lainnya. Kombucha juga mengandung lebih sedikit gula dibandingkan minuman ringan lainnya. Gula yang terkandung di dalamnya hanyalah makanan untuk bakteri menguntungkan dan sebagian besar dikonsumsi selama proses fermentasi.

Baca juga : Cara Simple Membuat Kombucha

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan

Teh Kombucha memang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi kita juga perlu memperhatikan hal-hal penting berikut sebelum memulai rutin untuk mengkonsumsinya.

  • Ibu hamil dan menyusui serta siapa saja yang memiliki kondisi medis tertentu, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsinya. Kombucha mengandung kafein dan gula yang harus dibatasi selama masa kehamilan.
  • Beberapa orang mungkina ada yang mengalami kembung setelah minum kombucha. Kemunkinan ini terjadi karena adanya probiotik dan perubahan potensial pada bakteri usus. Siapa saja yang memiliki gangguan pencernaan disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.
  • Jika kombucha diproses dengan tidak teliti, mungkin bisa mengandung bakteri berbahaya dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi ini jarang terjadi bila proses pembuatannya teliti dan tidak ada yang terlewat.
  • Mempersiapkan kombucha dalam bejana keramik bisa berbahaya karena minuman asam ini bila ditempatkan cukup lama dapat melelehkan timbal dari bejana dan larut ke dalam kombucha nya.

Pengaruh Terhadap Kesehatan Gigi

Kombucha kemungkinan bisa mempengaruhi kesehatan gigi, karena tinggi kandungan asam alaminya (tapi masih lebih rendah dari minuman bersoda lainnya).

Berikut adalah tips untuk mengurangi kadar asam dari kombucha:  minum semua kombucha dalam gelas dalam sekali tenggak, jangan meminumnya sedikit-sedikit setiap hari, berkumur dengan air bersih setelah meminumnya.

Kandungan Kafein

Bahan dasar dari kombucha biasanya adalah teh hitam yang mengandung kafein. Kandungan kafein di dalam kombucha bisa beragam, tergantung dari jenis teh yang dipakai dan lama proses fermentasinya. Tapi secara umum, kombucha lebih rendah kafein dibandingkan soda atau kopi. Kandungan kafein akan terus berkurang selama proses fermentasi, jadi semakin lama fermentasinya, semakin berkurang kandungan kafeinnya.

Kandungan Gula

Gula diperlukan dalam proses pembuatan kombucha, sehingga mungkin sebagian orang khawatir dengan kandungan gulanya. Tapi tidak perlu khawatir, karena sebagian besar dari gula tersebut sudah berkurang selama proses fermentasi. Ini terjadi karena gula menjadi makanan bagi bakteri fermentasi, sehingga tidak mungkin membuat kombucha tanpa gula sedikit pun.

Kandungan Alkohol

Kombucha mengandung sedikit kadar alkohol. Kadar alkoholnya kira-kira antara 0,5%-1,0% alkohol. Sebagai bandingannya, seseorang yang minum 6 botol kombucha sekaligus sudah mendekati kadar alkoholnya dengan satu kaleng bir 12 oz. Pada kenyataannya, sebotol kombucha memiliki kandungan alkhohol sebanding dengan pisang yang sudah matang.

Kombucha yang mengandung alkohol lebih dari 0,5% seharusnya diberi label agar para pembeli tahu. Biasanya kombucha buatan rumahan lebih banyak mengandung alkohol dibanding yang dijual di toko, tapi tetap masih dalam kadar yang sedikit.

Sumber: https://wellnessmama.com/23994/kombucha-benefits/

 

1891total visits,6visits today

,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *