Kyuri, Mentimun Jepang yang Unik dan Berkhasiat


Kyuri bagi Indonesia merupakan sebutan lain untuk mentimun Jepang. Sayuran jenis ini biasa dibudidayakan di daerah Cianjur dan daerah dataran tinggi di Jawa barat lainnya.

Jika dilihat dari syarat hidupnya, timun Jepang ini sama seperti tanaman timun lainnya yang mampu tumbuh secara maksimal pada ketinggian antara 200-400 meter dari permukaan tanah (m dpl).  Bentuk tanaman kyuri ini menjalar atau memanjat dengan ketinggian bisa mencapai lebih dari 2 meter. Bentuk buahnya lebih lonjong dari buah timun lokal dan rasanya lebih renyah. Ciri khas dari kyuri yang membedakannya dengan mentimun lokal adalah kyuri memiliki granul-granul halus pada bagian kulit buahnya.

Nutrisi Bermanfaat Pada Kyuri

Kyuri rendah lemak jenuk, kolesterol, kalori dan natrium. Mentimun Jepang juga merupakan sumber vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan mangan. Selain itu, kyuri juga merupakan sumber dari vitamin C, vitamin K dan kalium yang sangat baik. Mentimun jepang ini juga mengandung flavonolo anti-inflamasi yang disebut fisetin. Zat tersebut telah terbukti berperan penting dalam menjaga kesehatan otang, meningkatkan memori, serta melindungi sel-sel saraf sebagai satu usia. Kyuri juga mengandung polifenol yang sangat penting untuk menurunkan resiko kanker payudara, rahim, ovarium dan prostat.

Baca juga: Manfaat Talas Bagi Penderita Diabetes

Kyuri juga kaya kandungan vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B5 dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B kompleks tersebut membantun meredakan perasaan cemas dan menekan resiko dari stress. Kyuri dapat menjadi pilihan yang tepat dalam diet karena rendah kalori dan kaya serat, apabila kita mengkonsumsinya maka akan menekan rasa lapar lebih lama.

Khasiat Kyuri Untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Ginjal

Kyuri kaya akan kandungan air, sehingga menjadikannya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Salah satu jenis mentimun ini akan menjadi diuretik alami terbaik yang pernah Anda temui.

 

Menurunkan Kadar Asam Urat

Kyuri kaya akan kandungan vitamin A,B,C,D, asam folat magnesium hingga kalsium. Keberadaan kandungan tersebut telah terbukti dapat membantu pasien yang mengalami kenaikan kadar asam urat, namun harus tetap dalam batas normal dalam mengkonsumsinya.

 

Mengontrol Tekanan darah

Pernah mendengar mitos anjuran untuk mengonsumsi mentimun bagi para penderita hipertensi? Hal tersebut telah terbukti nyata karena kandungan kalium, magnesium dan seratnya memiliki manfaat dalam mengontrol tekanan darah.

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan antioksidannya tak akan terlepas pula dalam fungsinya sebagai peningkat imunitas tubuh. Sehingga akan menjadi cocok bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas. Apalagi bertemu dengan musim penghujan seperti sekarang. Akan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kyuri secara teratur sebagai tindakan preventif terhadapa penyakit.

 

Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan vitamin C nya tak akan terlepas dalam fungsinya sebagai antioksidan. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa antioksidan tersebut mampu menangkal aktivasi radikal bebas dalam tubuh.

 

Berperan dalam Proses Pencernaan Protein

Mungkin terdengar asing bagi Anda ketika disebutkan enzim erepsin. Padahal enzim tersebut berperan dalam proses pencernaan protein dalam tubuh Anda. Kabar baiknya, kyuri mengandung erepsin dalam jumlah banyak, sehingga akan menjadi baik jika dijadikan menu sehat sehari-hari.

 

Menjaga Kesehatan Sendi

Bagi Anda yang memiliki permasalahan terkait sendi, akan menjadi baik jika mengonsumsi kyuri secara teratur. Kandungan silikanya dipercaya mampu memperkuat jaringan ikat sehingga menjadikan sendi Anda selalu dalam keadaan baik.

 

Menjaga Kesehatan Kulit

Kyuri mengandung banyak vitamin. Salah satunya adalah vitamin B dan vitamin C. Keberadaan vitamin tersebut menjadikan kyuri sebagai sumber pangan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Efeknya akan membuat kulit Anda terasa dingin dan lebih bersih. Tidak hanya dengan dikonsumsi langsung, Anda juga dapat membuatnya ke dalam bentuk masker atau lulur.

 

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kyuri organik, karena bebas dari pestisida yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Anda bisa mendapatkan kyuri organik ini di kecipir.com. Kyuri yang kami jual sudah bersertifikat organik secara nasional sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kualitas organiknya.

 

Sumber: https://kikusumimagazine.com/japanese-cucumber/

2259total visits,3visits today

,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *