Mengapa Sayur Organik Lebih Sehat dari Sayur Biasa?

Ah, sayur dimana-mana sama. Benarkah demikian?

Sebenarnya apa yang membedakan sayuran organik dan sayuran biasa? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut!

  • Lebih aman dikonsumsi

Dibandingkan sayur konvensional, sayuran organik memiliki sedikit bahkan tidak ada residu kimia sama sekali. Residu kimia ini bisa berasal dari berbagai macam obat pestisida yang digunakan oleh para petani saat proses penananaman.

 

  • Lebih bersih

Penggunaan pupuk kandang yang berlebihan dapat menimbulkan munculnya bakteri E. coli. Sayuran organik meminimalisir penggunaan pupuk karena budidayanya mempertimbangkan berbagai teknik sehingga mencegah kontaminasi bakteri yang diakibatkan oleh penggunaan pupuk berlebihan.

 

  • Lebih banyak vitamin dan nutrisi

Karena lebih sehat, otomatis kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam sayuran organik lebih banyak bila dibandingkan dengan sayuran konvensional.

Menurut penelitian, radiasi pada tanaman bisa mengurangi vitamin hingga 80%. Karena tanah untuk menanam sayur organik lebih bagus kondisinya, ini berarti sayuran organik mengandung sedikit bakteri yang bisa mengurangi nutrisinya.

 

Tahukah Anda, ada empat tingkatan sayur organik yang membuatnya berbeda dari sayur biasa

  • Tingkat A+

Jenis sayuran organik tingkat A+ adalah sayuran yang ditanam di hutan non kayu yang tidak mengandung timber. Hutan ini masih bersih dan tidak mengandung pestisida maupun pupuk. Jadi, sayuran yang dihasilkan benar-benar alami sekaligus menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

  • Tingkat A

Sayuran organik yang tergolong di tingkat A sudah sangat terjamin keorganisannya karena telah mendapatkan sertifikasi pengakuan dari lembaga resmi.

  • Tingkat B

Sayuran organik yang berlabel tingkat B belum memiliki sertifikasi sehingga belum benar-benar terjamin keorganisannya namun hanya berdasarkan atas kepercayaan dengan para mitra pemasok.

  • Tingkat C

Tingkat C merupakan grade awal yang diberikan untuk sayuran yang dikelola para petani konvensional yang masih menggunakan pupuk kimia namun tanpa residu pestisida. Sayuran organik tingkat C biasanya dibudidayakan oleh para petani pemula yang ingin hijrah ke tanaman organis.

Satu kata yang ada di benak kita kalau mendengar istilah ‘sayur organik’… mahal!

Banyak yang masih belum tahu, kalau ternyata sayuran organik bisa didapatkan dari agen-agen kemitraan langsung tanpa harus pergi ke supermarket. Artinya, harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah bila dibandingkan yang ada di supermarket.

Kecipir membuat sayuran organik layaknya seperti sayuran biasa. Murah dan sehat. Selain itu, juga mudah didapat tanpa harus ke supermarket karena Anda bisa memperolehnya dari agen-agen terpercaya dan terdekat dengan sekali klik melalui aplikasi Kecipir. Yeay!

799total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *