Nutrisi dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel adalah sumber nutrisi oranye yang alami. Kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi bermanfaat lainya. Wortel yang dimakan secara teratur benar-benar dapat meningkatkan kesehatan dan tingkat energi Anda. Inilah alasannya.

Wortel Kaya Akan Vitamin

Dalam kandungan vitamin, wortel tentu saja merupakan sumber beta karoten yang sangat kaya untuk vitamin A, dengan pengujuian biasanya menunjukkan lebih dari 16000 liter wortel per cangkir IU.

Wortel juga kayan akan vitamin K, gizi penting yang larut dalam lemak dan mengandung vitamin C serta berbagai vitamin B seperti niasin, riboflavin, tiamin, piridoksin dan folat.

Wortel Kaya Mineral

Wortel juga merupakan sumber dari mineral yang dibutuhkan manusia seperti potasium, mangan, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, tembaga dan molibdenum.

Wortel juga mengandung berbagai macam mineral lainnya dan bila dikonsumsi secara teratur dengan sayuran dan buah-buahan lainnya.

Wortel Mengandung Carotenoid

Sebagian besar manfaat kesehatan wortel berasal dari kandungan karotenoid yang sangat tinggi, terutama beta-karoten, namun juga mengandung alfa-karoten yang jauh lebih kuat.

Karotenoid seperti beta-karoten dan alfa-karoten memberi efek antioksidan ke seluruh tubuh dan ini adalah alasan kenapa wortel sangan bermanfaat dalam menjaga kesehatan.

Wortel Mengandung Falcorinol

Falcorinol adalah senyawa yang ditemukan pada wortel dan tanaman seperti ginseng yang bermanfaat melindungi dari penyakit jamur.

Penelitian oleh University of Newcastle Upon Tyne menunjukkan falcorinol mungkin memiliki sifat anti-kanker, terutama untuk kanker usus besar dan leukemia. Para periset menduga, falcorinol ini meransang mekanisme di dalam tubuh yang membantu melawan kanker dan disarankan untuk konsumsi wortel organik mentah secara teratur.

Jumlah Kalori Pada Wortel

Tidak ada alasan untuk khawatir dengan kalori pada wortel. Sebuah wortel seberat 100 gram memiliki sekitar 45 kalori masih lebih rendah dibandingkan kentang dan jagung.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Wortel adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan sumber energi kita. Wortel cenderung memiliki efek alkalizing pada tubuh, terutama jika diolah menjadi jus serta bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Secara khusus, wortel biasa direkomendasikan untuk mengatasi masalah kesehatan penglihatan yang lebih baik, penurunan resiko berbagai jenis kanker, mengatur gula darah, menjaga kesehatan paru-paru, mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi peradangan pada penyakit arthritis dan menurunkan kolesterol.

Wortel Melawan Kanker

Asupan karotenoid alami yang tinggi yang terdapat di dalam wortel telah dikaitkan secara konsisten dengan resiko kanker yang lebih rendah.

Para ilmuwan menghasilkan persentase berbeda dalam berbagai penelitian untuk berbagai jenis kanker, namun pada intinya, semakin teratur kita makan wortel dan sayuran dan buah karotenoid tinggi lainnya, semakin kecil kemungkinan kita terkena kanker.

Wortel Mencegah Penyakit Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid bisa mengurangi resiko penyakit jantung (pembunuh terbersar di Amerika).

Salah satu penelitian melakukan riset terhadap 1299 orang lanjut usia di Massachusetts yang makan setidaknya satu porsi wortel atau lahu setiap hari selama 5 tahun. Pada akhir penelitian, mereka yang mengkonsumsi wortel secara teratur mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 60% dibandingkan mereka yang tidak.

Tips Memilih Wortel Yang Baik

Wortel yang baik dan kaya akan nutrisi memiliki ciri-ciri berwarna oranye cerah tanpa terlalu banyak bercak atau retakan. Dan yang lebih baik lagi, konsumsilah wortel dari hasil pertanian organik, karena bebas dari pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.

Wortel akan tahan lebih lama bila disimpan di dalam lemari es dalam wadah tertutup, bisa juga dicincang dan dibekukan untuk stok wortel Anda lebih lama.

Sumber: http://healthandenergyfoods.com/carrot-nutrition

2193total visits,3visits today

,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *