Kebun Organik Raynia Farm: jual sayur organik daerah Bogor

petani organik kang iwan di bogor

Foto bersama dengan mitra petani baru Kecipir Kang Iwan (paling kiri). Obrolan panjang dengan beliau pagi itu sangat menarik, inspiratif, sedih, terkesima campur aduk lah pokoknya.

Sangat mencintai dunia tani khususnya dalam pengelolaan pertanian dengan metode organik. Perjalanan Kang Iwan hingga ke pedalaman-pedalaman desa untuk merubah mindset serta mengedukasi para petani akan pentingnya pertanian organik sangat menarik untuk disimak.

“Ibarat kata petani yang biasa menggunakan pestisida itu, jika tidak pakai pestisida itu ibarat  masak sayur asam tanpa garam” Begitulah tantangan Kang Iwan memperjuangkan dan terus mengedukasi para petani tentang pertanian organik.

Di sela-sela pekerjaannya sebagai dishub Kabupaten Bogor – Cibinong Kang Iwan selalu berbaur dengan teman-teman perkebunan dan membuat perkebunan organik percontohan yang dia namai Raynia Organic Farm di daerah Caringin Bogor. Mirisnya disini sebagian besar anak-anak penduduk asli belum sadar sekolah, mereka rata-rata ikut dengan orang tua untuk bertani dan ada juga mohon maaf menjadi pemulung. Adapun sekolah disana namun biayanya cukup mahal biayanya untuk penduduk sekitar.

Singkat cerita bertemulah kang Iwan dengan Pak Haji Mahdar yang telah membangun sekolah gratis bagi penduduk di sekitar perkebunan. Pak Haji Mahdar pun mempunyai beberapa tanah dan mengamanahkan kepada Kang Iwan untuk dikelola dijadikan perkebunan organik dengan memperdayakan penduduk sekitar khususnya anak-anak muda. Setiap Sabtu dan Minggu anak-anak dibina tanpa mengganggu jam sekolah mereka. Hasil dari pertanian tersebut digunakan untuk subsidi menghidupkan sekolah gratis yang dibangun Pak Haji Mahdar.

Luar biasa dan terima kasih Kang Iwan dan Pak Haji Pak Mahdar, they are true hero untuk Indonesia!

Kamu bisa langsung membeli hasil perkebunan organik Kang Iwan di aplikasi Kecipir melalui Play Store ataupun di App Store semua produk dijamin organik, fresh, dan langsung dari petani lokal Indonesia.

1972total visits,5visits today

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *