Resep Fish and Chips Ikan Dori yang Enak

Saat ini bisa dibilang Indonesia tengah dibanjiri kuliner-kuliner khas luar negeri. Hal tersebut dapat terlihat dari menu-menu makanan yang disajikan di restoran-restoran sekarang ini, mulai dari sphagetti, steak sampai dengan fish and chips.

Dari banyaknya menu tersebut, Fish and Chips termasuk yang cukup diminati oleh masyarakat. Penggemar dari Fish and Chips sendiri kebanyakan berasal dari masyarakat kelas menengah ke atas. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat menu satu ini harganya lumayan mahal sehingga hanya bisa dinikmati oleh masyarakat tertentu.

 

Apa itu Fish and Chips?

Sebelum membahas mengenai cara membutnya, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu asal usul dan seluk beluk kuliner satu ini. Fish and chips sendiri dalam bahasa Indonesia biasanya diartikan sebagai ikan dan kentang.

Fish and Chips adalah menu makanan ringan yang cukup terkenal di Britania Raya. Sesuai namanya, makanan satu ini terdiri dari ikan dori yang dibalut dengan tepung kemudian dimakan bersama dengan potongan kentang goreng panjang.

Menurut catatan sejarah, makanan satu ini berasal dari Inggris. Setelah populerdi Inggris, lalu makanan tersebut populer juga di beberapa jajahannya. mulai dari Australia, Selandia Baru dan bagian Kanada. Bahkan selain itu, Fish and Chips juga cukup populer di negara Amerika Serikat sebelah utara, tepatnya di kawasan Barat Laut Pasifik.

Baca Juga: 8 Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan

Asal Usul Fish and Chips

Berasal dari Inggris, Fish and Chips memiliki cerita sejarah yang cukup menarik. Awalnya pada tahun 1850, para pekerja di Inggris menginginkan makanan cepat saji. Karena bingung mau membuat makanan apa, kemudia juru masak memadukan antara ikan dan kentang bersama dengan tepung. Lalu terciptalah menu camilan Fish and Chips ini.

Pertama kalinya muncul makanan satu ini menggunakan ikan-ikan tradisional hasil setempat, seperti ikan dari sub tropik misalnya cod, flake, haddockk, ray, kingclip. Namun seiring berkembangnya Fish and Chips ke Asia dan sebagainya, ikan yang digunakan untuk membuatnya pun sangat bervariasi.

Hampir semua jenis ikan fillet (irisan besar tanpa tulang atau duri) dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan Fish and Chips sebut saja seperti ikan kakap, cucut, dori/patin dan sejenisnya. Pemilihan ikan tersebut juga didasarkan dari selera masyarakat setempat.

 

Bahan-Bahan Fish and Chips

Selain sangat mudah dibuat, Anda pun bisa memodifikasi Fish and Chips ini untuk anak-anak yang kurang doyan makan daging ikan. Sebab camilan satu ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan menu cepat saji lainnya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk resep fish and chips ini antara lain:

  • Fillet ikan dori sebanyak empat potong (@150 gram) (bisa didapat di Kecipir.com)
  • Air jeruk lemon cukup dengan 1 sendok makan
  • Garam sekitar 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Garam sekitar satu sendok teh
  • Merica bubuk sekitar 1/4 sendok teh
  • Kuning telur dua butir, kocok sebentar
  • Minyak goreng cukup dengan satu sendok makan
  • Air sekitar 200 ml
  • Putih telur ambil dari dua butir, kocok kaku
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Tepung maizena 75 gram
  • Kentang goreng (french fries) cukup dengan 400 gram

Saus tartar (campur jadi satu):

  • Mayones cukup dengan 200 gram
  • Gherkin sekitar 50 gram, iris dadu 1/2 cm
  • Capers cincang cukup sebanyak satu sendok teh
  • Peterseli cincang sekitar satu sendok makan
  • Mustard sebanyak 1/2 sendok teh
  • Bawang bombai cincang cukup satu sendok makan

 

Cara Membuat Fish And Chips

Langkah pertama untuk menghilangkan bau amis dari daging ikan dori, lumuri daging tersebut dengan menggunakan campuran air jeruk lemon dan garam sampai merata. Lalu diamkan kurang lebih 15 menitan.

Sambil menunggu, siapkan sebuah wadah untuk membuat adonan tepung. Campurkan tepung terigu, garam dn merica sampai rata. Apabila sudah merata, buatlah lubang pada bagian tengahnya.

Tepat pada bagian lubang, masukan kuning telur, minyak goreng dan putih telur. Aduk-aduk bahan-bahan tadi sampai tercampur secara merata dan licin. Agar lebih mudah Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan tangan bersih.

Selanjutnya panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak di wajan. Sambil menunggu panas, lumuri fillet ikan dori dengan tepung maizena. Kemudian celupkan satu per satu ke dalam adonan tepung yang telah Anda buat tadi.

Apabila minyak goreng sudah cukup panas, masukkan ikan-ikan yang telah dilumuri tepung tadi ke dalamnya. Agar hasilnya renyah sekaligus empuk pada bagian dalamnya, gorenglah dengan menggunakan api sedang sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tiriskan terlebih dahulu.

Jangan lupa goreng kentang yang telah dipotong-potong. Jika semuanya sudah siap, tata ikan tepung goreng dan kentang diatas piring saji lalu siram dengan menggunakan saus tartar supaya lebih nikmat.

Selain lezat dikonsumsi saat bersantai bersama keluarga, Anda pun juga bisa membekali si kecil berangkat sekolah dengan camilan satu ini. Supaya anak-anak lebih tertarik, Anda pun bisa membentuk ikan dan kentang sesuai dengan karakter kartun kesukaannya.

 

2492total visits,3visits today

,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *