Resep Jus Hijau Penunda Keriput

(Foto: Boldsky)

Di tengah matahari terik bulan Agustus ini, sudah otomatis membuat badan gerah dan cepat lelah. Belum lagi kulit yang menjadi lebih kering. Di saat seperti ini pula tubuh sangat memerlukan banyak cairan, maka minuman yang paling segar sekaligus menyehatkan yang cocok dikonsumsi adalah jus.

Iyap! kombinasi jus buah dan sayuran bisa jadi pilihan tepat untuk memberikan manfaat optimal. Secara umum jus buah merangsang proses pembuangan racun dan asam dalam tubuh. Sementara jus sayuran menenangkan saraf yang letih dan membuang racun dengan cara yang lebih halus.

Buah dan sayur yang telah diolah menjadi jus akan lebih mudah diserap oleh tubuh karena bentuknya yang lembut. Sayuran berdaun hijau seperti horenso atau bayam jepang dengan buah sayuran seperti mentimun kyuri adalah sejoli yang ‘berjodoh’ dibuat jus.

Horenso dikenal sebagai sumber nutrisi anti penuaan karena kaya akan vitamin K, protein, vitamin dan mineral. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin K dalam horenso sangat tinggi sehingga memberikan manfaat yang sangat baik untuk menyehatkan kulit. Horenso juga tinggi akan antioksidan sehingga dengan konsumsi jusnya setiap hari bisa membuat kulit kenyal dan terhidrasi dengan baik. Antioksidan inilah yang akan melawan radikal bebas dan membuat kulit lebih segar.

Begitu juga dengan kyuri yang rendah lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Mentimun jepang ini merupakan sumber vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan mangan. Kyuri memiliki sifat diuretik, yaitu efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan airnya  juga efektif menyembuhkan dehidrasi. Sumber vitamin C, vitamin K juga flavonolo anti-inflamasi yang disebut fisetin.

Berikut resep untuk satu porsi (350 mililiter) jus ala Sarah Cadji, penulis buku Pure Juice Fresh and Easy Recipe

Bahan:
3 buah kyuri ukuran sedang, kupas, potong kasar
1 apel hijau, kupas, dan potong kasar
Segenggam horenso
Segenggam daun seledri
1 buah jeruk lemon ambil airnya

Cara membuat:
– Masukan semua bahan ke dalam blender dimulai dari bahan yang paling berair yaitu mentimun, bayam, apel, daun seledri dan diakhiri dengan jeruk lemon.
– Sajikan dan minum segera. Mengonsumsi jus ini di pagi hari dapat meningkatkan sistem tubuh.

10611total visits,181visits today

,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *