Resep Sayur Lompong Santan

Sayur yang satu ini, jika Anda berasal dari desa, merupakan salah satu menu sayur yang sering kita jumpai, tapi itu dahulu. Sekarang banyak yang lebih suka masakan modern dari pada Sayur Lompong Santan ini. Sekedar untuk bernostalgia dan untuk mengisi kekosongan menu yang ada, maka hari ini kita coba untuk mengulas Resep Sayur Lompong Santan.

Lompong (Caladium) atau yang juga dikenal dengan nama talas ini adalah salah satu tumbuhan yang banyak sekali tumbuh di pulau Jawa. Tanaman ini memiliki banyak jenis dan banyak juga dijumpai di berbagai daerah. Karena itu wajar saja jika lompong atau talas ini sering dijadikan sebagai bahan masak seperti pada Sayur Lompong Santan yang akan segera kita coba resepnya.

Dari segi rasa, sayur ini sebenarnya tidak kalah lezat jika dibanding dengan berbagai menu sayur modern. Selain rasanya yang enak, lompong ini juga memiliki banyak khasiat diantaranya lompong ini mengandung antioksidan (mencegah kerusakan gen), berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga bisa mencegah kanker dan umbinya bisa digunakan untuk meringankan diare, mengobati luka bakar dan mengatasi bisulan.

Lalu sebenarnya kenapa sayur ini sekarang banyak ditinggalkan? Ya, sepertinya bukan karena rasanya tetatpi ada satu hal yang mungkin menjadi kendala saat mengolah masakan ini, yaitu terkadang sayur lompong yang dimasak dengan cara yang kurang tepat dapat terasa sangat gatal di lidah. Sebelum memulai memasak Sayur Lompong Santan, berikut ini adalah cara mengolah lompong agar tidak gatal di lidah.

Remas Dengan Garam

Sebelum dimasak, batang talas atau lompong kita siangi terlebih dahulu, kita hilangkan kulit luar yang keras. Setelah itu kita bisa memotongnya sesuai keinginan. Untuk menghilangkan rasa gatal, maka setelah dipotong kita masukkan satu sendok garam, lalu kita remas-remas potongan batang talas tersebut sampai merata. Setelah itu cuci bersih batang talas dengan air mengalir, bilas sampai dua kali untuk menghilangkan sisa garam.

 

Masak Dengan Suhu Tinggi Hingga Matang

Pada dasarnya, talas atau lompong jika dimasak dengan benar tidak akan menimbulkan rasa gatal bahkan meski kita tidak melakukan langkah pertama sekalipun. Hal yang menyebabkan masakan menjadi gatal adalah karena proses memasaknya yang kurang tepat misalnya kita memasak talas kurang begitu matang. Bisa juga karena kita memasaknya dengan suhu yang kurang begitu tinggi sehingga talas atau lompong tidak matang dengan sempurna.

 

Bahan dan Bumbu Sayur Lompong Santan

Sebelum mulai ke proses pembuatan, kita siapkan dulu beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan tersebut terdiri dari bahan dasar masakan, bumbu dan beberapa bahan bumbu lain yang akan kita gunakan sebagai bahan dalam masakan tradisional ini. Lalu apa saja bahan lain dan bumbunya?

Bahan Dasar

  • Lompong Talas 4 batang (ada di Kecipir.com)
  • Santan 250 ml
  • Air 500 ml

Bumbu yang Dihaluskan

  • Cabe Keriting 6 buah (ada di Kecipir.com)
  • Cabe Rawit 10 buah (ada di Kecipir.com)
  • Bawang merah 10 buah (ada di Kecipir.com)
  • Bawang putih 2 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 2 cm

Bumbu lainnya

  • Daun Salam 3 lembar (ada di Kecipir.com)
  • Serai 1 batang, memarkan (ada di Kecipir.com)
  • Lengkoas 3 cm, memarkan
  • Garam Secukupnya

 

Cara Memasak Sayur Lompong Santan

Kalau sudah siap kita akan mulai ke proses memasak. Untuk memasak Sayur Santan Lompong ini sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet. Kita hanya perlu mengukus batang lompong yang akan dimasak terlebih dahulu kemudian menyiapkan bumbunya. Bumbu kemudian ditumis dan bahan dimasukkan, agar lebih jelas kita ikuti saja panduan cara membuat masakan tersebut di bawah ini.

  1. Bersihkan umbi dan kupas bagian luar batang Lompong.
  2. Potong 5 cm dan langsung masukkan ke dalam air supaya tidak berubah warna, lalu cuci bersih.
  3. Rebus sebentar dan tiriskan.
  4. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum.
  5. Masukkan air, biarkan sampai mendidih lalu tambahkan bumbu lainnya, biarkan mendidih lagi selama 5 menit.
  6. Masukkan lompong, aduk sebentar, lalu kecilkan api.
  7. Masukkan santan, lalu aduk perlahan sampai mendidih lagi.
  8. Angkat dan siap disajikan.

 

1453total visits,1visits today

,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *