Tips Menanam Sayuran Organik di Rumah

Kegiatan berkebun saat ini menjadi hobi banyak orang. Selain membuat rumah terlihat lebih asri, sayuran yang ditanam sendiri juga lebih sehat. Anda ingin menanam sayuran organik di rumah? Yuk simak tipsnya!

  1. Memilih media tanaman

Tanaman organik tidak menggunakan bahan kimia yang bisa berpotensi mencemarkan bakteri. Bagi Anda yang akan membudidayakan sayur organik di rumah, media tanah bisa jadi pilihan atau campuran bahan organik lain seperti coco peat.

  1. Beli pot

Menanam di pot jauh lebih rapi dan mudah pemeliharaannya. Ada banyak ukuran pot yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran taman di rumah jadi tidak sampai membatasi ruang gerak Anda. Anda juga bisa menggunakan kotak bekas atau kaleng bekas sehingga mengurangi sampah lingkungan.

  1. Tentukan jenis tanaman

Sebaiknya menanam sayuran yang sering Anda konsumsi. Sayuran seperti sawi, kubis, tomat dan cabe sangat mudah dibudidayakan dan bisa Anda gunakan untuk bahan masakan.

  1. Perawatan alami

Menanam sayur organik di rumah butuh perhatian ekstra dari Anda. Agar tanaman tidak terserang hama atau jamur, Anda bisa membuat ‘pestisida’ alami yaitu menggunakan campuran cabe, bawang merah, dan rempah yang dihaluskan kemudian ditaburkan di sekitar tanaman. Pengusir jamur alami ini bisa juga dicampur dengan air, lalu disemprotkan ke bagian tanaman yang ditempeli jamur.

Sebenarnya, menanam sayur organik di rumah cukup mudah hanya saja memang membutuhkan waktu yang lama untuk merawat dan melihatnya tumbuh sebelum Anda bisa memetiknya. Bagi Anda yang memilih untuk mengkonsumsi saja daripada harus menanam, Anda bisa menggunakan aplikasi Kecipir.

Aplikasi ini mempertemukan agen sayuran organik dengan para pembeli yang peduli dengan kebersihan sayuran yang mereka konsumsi. Pilihannya pun banyak dan beragam dengan harga yang terjangkau karena diperoleh langsung dari para petani yang dekat dengan lokasi Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk order sayuran organik favoritmu di Kecipir!

 

 

554total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *