Kecipir.com FAQ

1. Apa itu Kecipir?
• Kecipir adalah salah satu sayuran lokal yang sehat dan penuh gizi.
• Kecipir.com adalah pasar online dimana produsen dan konsumen sayuran lokal dan sehat dapat bertemu. Produsen meletakkan hasil panenannya untuk dipesan oleh para konsumen, dengan pengantaran gratis hingga sampai host, Click & Pick!
2. Apakah sayuran Kecipir organis?
• Ya, sayuran Kecipir organis
Sayuran di Kecipir terdiri dari 4 tingkat keorganisan:
• Tingkat A+: Sayuran yang ditanam di lahan organis alami seperti pinggir hutan atau hasil hutan bukan kayu (NTFP: non-timber forest product) dalam hutan yang belum tersentuh pupuk dan pestisida kimia. Sayuran ini masih alami dan membuka kesempatan warga pinggir hutan meningkatkan pendapatan tanpa merusak hutan. Contoh: madu dan buah hutan.
• Tingkat A: Sayuran organis yang sudah tersertifikasi. Sayuran organis tingkat A sudah dijamin keorganisannya oleh badan sertifikasi baik yang berbasis komunitas maupun lembaga resmi.
• Tingkat B: Sayuran organis yang belum tersertifikasi, sayuran ini belum ada jaminan resmi keorganisannya namun hanya berdasar pada kepercayaan dan pemeriksaan berkala dari Kecipir kepada petani bahwa budidayanya tanpa penggunaan pestisida maupun pupuk kimia.
• Tingkat C: Sayuran sehat tanpa pestisida, sayuran dengan budidaya semi organis yang memberi kesempatan petani konvensional yang baru belajar bertani organis namun belum sanggup melepas penggunaan pupuk kimianya.
3. Mengapa harga sayuran Kecipir bisa bersaing dengan sayuran biasa?
• Umumnya, rantai distribusi sayuran memiliki 5 titik distributor yaitu: 1. Pengepul, 2. Tengkulak, 3. Pasar Induk, 4. Pasar, 5. Pedagang Eceran. Dari Produsen (Petani) hingga Konsumen (pembeli) harus melalui 5 rantai tersebut yang menyebabkan harga barang sayuran meningkat.
• Dengan sistem penjualan online seperti Kecipir maka rantai distribusi yang panjang dapat diringkas menjadi Produsen > Kecipir > Konsumen.
• Selain meringkas rantai distribusi, Kecipir juga berupaya agar jarak antara produsen dengan konsumen sedekat mungkin (lokal) sehingga memperkecil biaya transportasi
• Kecipir juga bekerja sama dengan kelompok-kelompok tani yang berkeinginan membangun pertanian berkelanjutan (sehat bagi konsumen dan aman bagi lingkungan).
4. Saya ingin menjadi anggota Kecipir, namun wilayah saya belum terlayani oleh Kecipir, apa yang harus saya lakukan?
• Anda bisa kirim (Nama, Alamat dan Email) ke [email protected] Kami akan memberitahu bila wilayah anda sudah terlayani.
5. Mengapa sayuran Kecipir beberapa ukurannya lebih kecil, dan terkadang bentuknya tidak sempurna?
• Sayuran yang ditanam dengan cara organis menggunakan proses alami dalam budidayanya. Pemupukan dengan pupuk alami mengandung kadar N yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pupuk kimia.Unsur N penting dalam pembentukan jaringan tumbuhan sehingga pada pertanian konvensional yang menggunakan NPK tanamannya bisa besar-besar dan hasilnya banyak. Namun, pupuk kimia kurang baik terhadap lingkungan karena mudah larut dalam air yang bila hanyut ke sungai dapat mencemari lingkungan.
• Selain itu, pada budidaya organis tidak menggunakan zat racun pembunuh hama (pestisida), Umumnya petani organis menggunakan tumbuh-tumbuhan khusus untuk mengusir serangga. Tetapi, tidak semua serangga terusir dan beberapa yang masih bertahan akan memakan sayuran para petani, hal inilah yang menimbulkan kerusakan pada sayuran. Namun, kerusakan tersebut juga merupakan tanda bahwa pertaniannya tidak memakai pestisida.

6. Apakah syarat-syarat menjadi Agen di Kecipir?
• Memiliki tempat untuk menampung sayuran sementara agar member dapat mengambilnya. Ruangan secukupnya dengan kebersihan dan sirkulasi udara yang terjaga dan ada yang melayani saat member mengambil pesanan 2 kali seminggu.
• Mempunyai semangat membina komunitas konsumen sehat dan peduli dengan pelestarian lingkungan.
• Untuk melihat lebih lengkapnya bisa dilihat di sini
• Alur kerja Agen bisa dilihat di sini
• Alur pengantaran sayur ke Agen sini

7. Apakah syarat-syarat menjadi Member di Kecipir?
• Syarat dan ketentuan menjadi member bisa dilihat di sini

8. Apakah syarat-syarat menjadi produsen di Kecipir?
• Menjalankan pertanian organis.
• Jujur, mampu bekerjasama, sevisi dengan Kecipir, berkeinginan kuat membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan.
• Cara bermintra dan proses tahapanya bisa dilihat di sini
• Agar kami lebih mudah dalam mengontak Anda, diharapkan mengisi form ini

 

187228total visits,45visits today

,

24 comments on “Kecipir.com FAQ”

  1. bagaimana caranya lihat jenis2 produk yang dijual dan harganya? bagaimana pula caranya menjadi host? saya tinggal Jakarta Barat

    1. says:Bibi Cipir

      Terima kasih kontaknya Bu Atty,
      Untuk melihat jenis2 produk yang dijual dan harganya, ibu lihat di Kecipir.com dan di bawah foto2 produk itu ada tombol: “Lihat Selengkapnya” bisa dilihat ada daftar produk selengkapnya dengan harga. Untuk tahu satuan-satuannya barulah ibu harus mendaftar untuk login.
      Jika ibu ingin menjadi host, silakan daftar https://kecipir.com/host dan nanti akan kami tinjau. Untuk Jakarta Barat, walaupun belum dilayani sementara ini tetapi sudah cukup banyak calon host yang mendaftar. Tidak terlalu lama lagi Kecipir akan segera melayani Jakarta Barat, harap sabar ya bu…

  2. Saya punya produksi sayuran organik di daerah cianjur…apa bisa gabung

    1. says:Bibi Cipir

      Hallo Febry,
      Kami terbuka terhadap petani-petani yang ingin bergabung di Kecipir. Silakan buka form berikut di http://goo.gl/forms/MQr4OcW232KeRDrF2 dan diisi dengan lengkap. Kami akan tindaklanjuti dengan kunjungan dan kesepakatan dengan petani. Terima kasih.

      Salam lestari,

    2. Dear febry,
      Boleh saya minta emailny ?

      Regards
      Mira

  3. Apa sistem jaminan utk melindungi konsumen bahwa product 100% organic? Apa ada di test di labolatorium?

    1. says:bengbeng

      Sebelum kami bekerja sama dengan petani supplier, kami terlebih dahulu survei ke lahan petani, kami meninjau lokasi lahan, lingkungan sekitar, sumber air, pupuk yang digunakan, dan yang paling kami tidak tolelir adalah penggunaan pestisida, kami meninjau dari tahap persiapan lahan, penaman, sampai pada panen. untuk petani supplier kecipir terdapat 3 Grade. Grade A petani Organik yang sudah tersertifikasi dan pastinya sudah melakukan cek lab baik untuk lahan maupun sayuranya,` Grade B petani Organik yang belum sertifikasi namun sudah melakukan pertanian secara oraganis. Grade C petani semi Organik yang sudah tidak menggunkan pestisida. Untuk penjaminan kami sangat terbuka jikalau ada Agen/member kami yang mau melihat lokasi lahan para supplier kami.

  4. Saya mau mensuplai sayuran organik, apakah bisa ?

    1. says:Bibi Cipir

      Selamat Pagi, untuk bergabung menjadi Petani Kecipir silakan isi form di: http://bit.ly/2bmBq6U. Nanti kami kunjungi dan tindaklanjuti. Terima kasih sudah berminat untuk bergabung dengan jaringan konsumsi sehat Kecipir 🙂

  5. kalau dibeli untuk dijual kembali bisa tidak tentu dengan harga yang bersaing.

    1. says:Cora Amyra

      halo terima kasih sudah menghubungi kecipir, kami tidak menyarankan untuk dijual kembali karena pada awalnya sistem kami diciptakan untuk meringkas rantai distribusi dan mengajak agen untuk mengembangkan komunikasi dan aktifitas community market menjadi komunitas untuk konsumsi sehat dan berkelanjutan yang dinamis 🙂

  6. says:Ade nurhayati

    Hallo … Salam kenal saya ibu Ade, saya petani kota ( karna kebun kami terletak di dalam kompleks perumahan di daerah bekasi ) kami sedang memproduksi microgreens yang kami tumbuhkan di dalam greenhouse dengan benih lokal & ditumbuhkan full organik, hanya kami belum berserrifikasi , bisa kah microgreens kami ikut dalam kecipir ? Terima kasih
    Salam organis

    1. says:bengbeng

      Halo Ibu Ade, mohon maaf kami baru membalas, untuk hasil pertanian organis prinsipnya kami akan bantu untuk pasarkan dan distribusikan, namun yang lebih awal kami kami harus mengunjungi dulu lahan pertanianya, dan kami akan nilai aspek ke organisanya, serta kami harus merencakan pola pengiriman dari petani, kami berharap ibu bisa mengirkan informasi terkait pertanian ibu ke email kami di [email protected] terima kasih.
      Salam Lestari

    2. says:Bibi Cipir

      Oh ya Ibu Ade, untuk praktisnya silakan masukkan data sebagai petani Kecipir di form berikut: http://bit.ly/2bmBq6U

      Salam lestari,

  7. Mau tanya,, kalau sayuran hidroponik pakai nitrisi AB mix bisa dijual disini gak ya?

    1. says:Bibi Cipir

      Selamat siang, sayuran hidroponik sesuai dengan SNI organik 2016 (https://www.scribd.com/document/322722571/SNI-6729-2016) tidak termasuk sebagai sayuran organik. Demikian informasinya, terima kasih.

  8. Saya bertani sayuran organis
    Untuk bermitra dan menjual di kecipir caranya seperti apa dan bagaimana ya?

    1. says:Bibi Cipir

      Salam lestari Bung Azzi,
      Untuk bergabung menjadi petani mitra Kecipir silakan isi https://www.dropbox.com/s/haflccrbmxicbtv/Panduan%20Permakultur.pdf?dl=0 Nanti kami tindaklanjuti.

      1. Hidroponik sendiri masuk kategori organik kah?
        Kalau tidak, apa masih bisa untuk bermitra dengan kecipir?

  9. says:Janittad

    Apakah tim kecipir mengambil keuntungan langsung produk petani dengan menaikan harga?

    1. says:Dimas Gema

      iya bund benar 🙂

    2. says:Bibi Cipir

      Kecipir melakukan pemilahan, kontrol kualitas, distribusi dan proses transaksi, biaya-biaya itu akan dibebankan ke nilai akhir.

  10. says:bambang

    Apakah kecipir sudah ekspansi ke daerah bandung?

    1. says:Dimas Gema

      Pagi Pak, Untuk saat ini blm pak, bila sudah nanti akan kami kabarkan secara resmi melalui blog Kecipir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *