10 Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Kecombrang merupakan tumbuhan tahunan yang tergolong terna (Terna adalah tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu) dimana bunga, buah dan bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Kecombrang atau dikenal juga dengan nama honje atau patikala berwarna kemerahan seperti jenis tanaman hias pisang-pisangan atau mirip sekali dengan tanaman lengkuas atau laos. Jika batang sudah tua, bentuk tanamannya mirip jahe, dengan tinggi mencapai 5 meter.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, manfaat kecombrang untuk kesehatan juga sangat penting.

Manfaat kecombrang selain yang sudah disebutkan di atas juga bermanfaat juga untuk kesehatan. Sebab, tanaman bunga ini memiliki kandungan nutrisi yang kompleks. Seberapa besar dan banyak manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh? Berikut ini Kecipir ringkas 10 manfaat kecombrang bagi kesehatan.

Menghilangkan Bau Badan
Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan adanya minyak atsiri di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami.

Meningkatkan Energi
Tubuh anda tidak bersemangat dan lelah? Cobalah makan sayur kecombrang setiap pagi. Sayur ini dapat memberikan energi bagi tubuh Anda.

Mengobati Penyakit Campak
Salah satu cara mengobati campak secara tradisional yaitu dengan menggunakan bunga kecombrang atau honje.

Mengobati Anemia
Penyakit kurang darah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga kecombrang secara teratur. Hal ini disebabkan zat besi yang berlimpah dalam tanaman ini.

Mengatasi Luka Baru
Batang tanaman kecombrang memiliki sifat antimikroba, yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit.

Menguatkan Memori
Manfaat kecombrang yang sangat penting yaitu menguatkan memori. Dengan sering menambahkan daun kecombrang ke dalam masakan anda, berguna untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Nutrisi dalam daunnya ternyata sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

Menguatkan Tulang
Sayur kecombrang baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan, karena kalsium dan mineral lain yang terkandung pada daunnya dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan makan sayur ini secara rutin, dapat mencegah tulang keropos.

Menguatkan Gigi
Manfaat kecombrang bukan hanya pada tulang, kalsium dalam kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

Mencegah Dehidrasi
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayur honje. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya.

508total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *