IMG-LOGO
Cerita Petani

Saung Bambu Alam, Bidadari Pertanian Organik Desa Ciputri

22 November 2016

saung-bambu-alam-3 saung-bambu-alam-5

whatsapp-image-2016-11-22-at-12-53-36-pm whatsapp-image-2016-11-22-at-12-53-37-pm

Tanah pertanian Saung Bambu Alam ini terletak di Desa wisata Ciasihan. kp. Ciputri. dengan ketinggian 900 m di bawah kaki gunung salak. Lahan dengan tanah  seluas 2500 m2 ini dikelola penuh dengan penuh perjuangan oleh sang pemilik bernama Putri Jasari Dona. Pertanian yang dikelola untuk Saung Bambu Alam ini dahulunya ialah bekas lahan pertanian oleh pihak lain namun tidak jadi ditanami karena mengalami kendala-kendala tertentu.

Setelah menjalani berbagai rintangan petani Putri ini berhasil menggadainya 2 tahun lalu. Ia dibantu petani setempat yang sudah punya pengalaman bertani organik untuk mengelola lahan tersebut. Budidaya yang dilakukan menggunakan pupuk kandang dari peternakan yang ada didaerah Desa Ciputri. 1 karung seharga 6000 rupiah., dan biaya angkut 1000 rupiah untuk diangkut sampai ke lahan. Saung Bambu Aalam juga membeli pupuk kandang Ayam yang sudah dicampur sekam padi sebagai pupuk tambahannya. Kemudian nutrisi tanaman juga kami tambah dari pupuk organik Cair yang kami dapat dari pengomposan sampah rumah tangga 2 in 1.

Sayuran dari Saung Bambu Alam bebas pencemaran air karena sumbernya langsung dari sungai yang airnya jernih. Sehingga saat ini dapat mengairi lahan pertanian organik baik dari lahan maupun hutan. Beberapa produk Saung Bambu Alam ada yang dari lahan dan hutan. Saung Bambu Alam melakukan panen normal 2 kali 1 minggu. Seperti misalnya yang berasal dari dari lahan  ialah:
-Pucuk Labu siam
– Bayam hijau
– Bayam merah
– Kangkung
– Kailan
– selada keriting
– selada green
– Kemangi
– Daun Ginseng
– Daun Seledri
– Daun Bawang
– Kenikir
– Bawang Kucai
– Wortel
– Lobak
– Talas bogor
– Tekokak
– Leunca
– Daun lobak
– Pakcoy
– Caisim
– buncis
– Kacang Panjang
– Daun ubi jalar
– Sereh
– Jahe
– Lengkoas
– Kembang Turi
– Kelor

Dari Hutan:
– Pakis
– Trubuk
– Rebung
– Genjer
– Jantung Pisang
– Selada Air
– Labu Siam

Dengan daftar produk panenan organik di atas, Saung Bambu Alam kini memiliki beberapa produk unggulan. Produk unggulan yang sering dipesan adalah pucuk labu siam, pakis dan Trubuk.

whatsapp-image-2016-11-22-at-12-40-29-pm

Terubuk, salah satu produk unggulan Saung Bambu Alam

Salah satu produk unggulan saung bambu alam adalah Trubuk atau istilah lain Tebu Telor. Bentuk tanaman menyerupai tebu dan didalamnya ada seperti bunganya yang berbentuk tepung. Bisa menjadi aneka masakan seperti oseng-oseng, campuran masakan santan, untuk dicampur telur dadar dll.

Selain mendapat kendala selain cuaca, hewan hutan seperti monyet suka merusak kebun dan mengambil buah2an di kebun kami seperti buncis, pisang, nangka, singkong dan lain-lain. Kesulitan lainnya dalam pertanian organik yaitu pemupukan yang membutuhkan tenaga ektra dengan dosis pupuk 10ton/ha dibanding pertanian biasa pupuk kimia 500kg/Ha. Kemudian hama yang banyak menyebabkan buah seperti buncis bolong-bolong, serta banyaknya tomat yang busuk. Keuntungannyapun terbayar dengan harga yang tinggi. Dan beraneka ragam tanamannya membuat pertanian organik tidak terpengaruh harga pasar. dan keuntungannya standar.

whatsapp-image-2016-11-22-at-12-53-35-pm

Putri Jasari Dona, petani Saung Bambu Alam

Mba Putri, petani organik Kecipir memberikan tips merawat sayuran untuk sayuran daun. Caranya adalah menjaga kesegarannya agar tidak terlihat layu dan menjaga agar tidak busuk, “Misalnya kalau mau menjaga kesegarannya bisa dimasukkan dalam plastik bening agar kesegarannya tetap terjaga,  agar tidak busuk, dan jangan dibasahi dengan air sampai terlalu basah, misal sayuran direndam di air” ujarnya. Karena beberapa sayuran akan busuk dengan cara seperti itu, seperti yang terjadi pada produk pakis dan pucuk labu. Bila ingin direndam air dengan niat agar tanaman lebih segar cukup rendam bagian pangakalnya saja selama beberapa jam.

whatsapp-image-2016-11-22-at-12-53-40-pm

whatsapp-image-2016-11-22-at-12-53-41-pm

Total Page Visits: 190 - Today Page Visits: 5

Comments

2 responses to “Saung Bambu Alam, Bidadari Pertanian Organik Desa Ciputri”

  1. Piet says:

    Infonya menarik, kalo ada yg mau ditanyakan lbh lanjut bisa minta no kontaknya kah…? In box via email ya, trmksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah