IMG-LOGO
News

10 Manfaat Kluwih Untuk Kesehatan

26 February 2018
Kluwih

Buah Kluwih

Kluwih adalah sayuran buah yang cukup sering ditemui di pasaran.  Meskipun buah yang satu ini musiman adanya, namun kalau sedang musimnya, pastilah laris manis.  Buah yang mirip dengan Sukun dan Nangka ini memiliki rasa yang lezat bila dimasak.  Teksturnya lebih alot daripada nangka muda dan sukun, namun memendarkan aroma yang lebih tajam.

Kluwih memiliki cita rasa yang khas, yang tidak dimiliki oleh nangka maupun sukun sebagai kerabatnya.  Mengapa berkerabat?  Sebab, ketiga buah tersebut berada dalam satu family, yaitu family Moraceae.  Sedangkan spesies atau nama binomial dari kluwih adalah Artocarpus camansi.  Penampakaan sayur ini memiliki duri yang lebih runcing daripada nangka.

Dalam 100 gram kluwih terkandung nutrisi: kalori – 111 Kcal, lemak – 0,3 gram, fosfor – 0,9 mg, kalsium – 28 mg, karbohidrat – 27,2 gram, protein – 1,5 gram, vitamin A – 20 IU, vitamin B – 10 mg, vitamin C – 19 mg, dan zat besi – 32 mg.  Manfaatnya untuk kesehatan ternyata ada juga loh, antara lain bisa menambah stamina karena kandungan lemak dan protein.  Selain itu, sayur ini juga bisa mencegah Anda dari gangguan pencernaan karena kadar seratnya yang tinggi.  Anda dapat membeli sayuran kaya serat lainnya secara online di kecipir.com

10 Manfaat Kesehatan dari Buah Kluwih

1. Memiliki Kandungan Protein
Kandungan protein yang tinggi pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otot.  Selain itu, proses regenerasi sel di tubuh Anda juga akan berjalan dengan lancar.

2. Mengandung Lemak Tak Jenuh
Buah yang juga dikenal dengan nama kluwih bogor atau kluwih sunda ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengimbangi jumlah lemak jenuh.  Agar saling melengkapi dan menutupi kekurangan dan kelebian masing-masing.

3. Menambah Hemoglobin
Kandungan zat besi didalamnya mampu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.  Tubuh Anda akan lebih sehat dan terhindar dari bahaya yang ditimbulkan karena kekurangan zat besi.

4. Mencegah Gangguan Kelenjar Limfa
Gangguan kelenjar limfa bisa membuat tubuh Anda menjadi demam.  Mengonsumsi kluwih secara rutin akan mengembalikan kinerja kelenjar limfa sebagaimana mestinya.  Sehingga rasa sakit akibat kelenjar limfa dapat berkurang.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kandungan vitamin dan mineral buah kluwih bisa mengatasi gangguan pencernaan.  Anda dapat terbebas dari sembelit atau gangguan pencernaan lain yang lebih berbahaya.

6. Membuat Badan Jadi Fit
Khasiat kluwih pun bisa membuat badan jadi fit karena kluwih kaya akan kalium dan vitamin penting, terutama vitamin B dan C.

7. Menghilangkan Garis Lemak
Oleh karena kandungan gizi didalam sayuran ini rendah.  Maka Anda tidak perlu khawatirkan tentang garis lemak di tubuh Anda.  Sebab justru garis-garis itu akan hilang siring berjalannya waktu.

8. Menurunkan Berat Badan
Sangat cocok dimakan oleh mereka yang sedang menjalankan program diet ketat.  Sebab dapat menurunkan berat badan secara signifikan.  Maka jangan heran bilamana sayur ini biasanya sangat digemari oleh mereka yang sedang diet.

9. Mencegah Penyakit Jantung
Kluwih bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung karena kandungan asam lemaknya yang baik.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kluwih juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol berbahaya atau LDL, sekaligus meningkatkan HDL yakni kolesterol yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga Manfaat Brokoli, Paprika, dan Jahe dalam Menangkal Serangan COVID-19

Total Page Visits: 3205 - Today Page Visits: 8

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah