IMG-LOGO
Lain-lain

Mengenal Si Kaldu Tulang yang Menyehatkan

3 February 2020
kaldu tulang

Sumber: FreePhotos.cc

Mendengar kaldu tulang (bone broth) umumnya identik dengan kudapan sup.  Kuah hangat, gurih, dan sayuran renyah yang melegakan tenggorokan serta pernafasan.  Kuah kaldu tulang ini memang digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Namun, apa saja manfaat bone broth untuk kesehatan?

Apa khasiat istimewa dari kaldu yang sudah dikenal sejak jaman dahulu ini?  Bagaimana cara membuat kaldu yang benar untuk menjaga kualitas nutrisinya?  Apa bedanya dengan kaldu biasa?

Perbedaan Bone Broth dan Kaldu Biasa

Kaldu tulang  dalam bahasa inggris juga dikenal dengan sebutan Jewish Penicilin.  Dalam dunia obat-obatan, Jewish Penicilin adalah sejenis antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.  Jewish Penicilin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara yang lebih alami.  Karenanya manfaat bone broth untuk kesehatan telah diakui sejak jaman dahulu.

Bone broth adalah sup kaldu dari daging dan tulang ayam, sapi, atau ikan.  Kaldu ini  dimasak bersamaan dengan beberapa jenis sayuran dan rempah.  Jika kaldu biasa hanya dimasak selama 1 – 2 jam untuk mengeluarkan kaldu dari lemak dan daging.  Proses memasak bone broth berlangsung lama sekitar 10 – 24 jam. Kaldu ini harus dimasak dengan suhu yang tepat (api sangat kecil) sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga.

Manfaat Kaldu Tulang Bone Broth untuk Kesehatan

Sumber: FreePhotos.cc

Sebaiknya selalu gunakan bahan organik dalam pembuatan bone broth. Mulai dari daging lokal organik seperti ayam kampung atau ayam probiotik.  Demikian juga dengan sayuran dan rempah yang dicampurkan ke dalamnya.  Biasanya kamu bisa menambahkan wortel, bawang bombay, seledri, parsley agar cita rasa bone broth menjadi lebih nikmat.

5 Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tentu bukan tanpa alasan jika proses memasak kaldu ini cukup lama dan penuh kesabaran.  Menu ini termasuk ke dalam jenis makanan bernutrisi tinggi karena mengandung zat besi, vitamin A dan K, asam lemak, selenium, dan mangan.  Ini dia 5 manfaat  bone broth  yang bisa Cipers peroleh jika mengonsumsinya secara rutin:

1. Melindungi Sendi

Kaldu tulang merupakan sumber gelatin yang akan terurai menjadi kolagen.  Jenis protein yang ditemukan pada jaringan ikat hewan vertebrata.  Tulang, sum-sum, tulang rawan, otot, dan ikatan sendi tulang adalah bagian yang mengandung banyak kolagen.

Zat ini sangat bermanfaat menyehatkan sendi, kulit, dan menguatkan pertumbuhan rambut serta kuku.  Persendian selalu digunakan terus menerus sehingga tulang rawan cenderung menyusut dan aus.  Beban harian akibat berat badan berlebih juga akan menambah tekanan pada persendian.  Sebuah jurnal dalam Sports Medicine pada 2017 menyebutkan bahwa kolagen mampu mengurangi resiko stress pada sendi.

2. Membantu Melawan Osteoarthritis

Tidak hanya melindungi sendi, kolagen juga dapat mengobati osteoarthritis.  Pada 2016, Nutrition Journalled mempublikasikan bahwa kolagen memberikan dampak positif pada penderita osteoarthritis di lutut.  Kolagen yang digunakan dalam penelitian tersebut berasal dari jaringan ikat ayam.  Kolagen terbukti dapat mengurangi rasa nyeri, kaku, dan mengembalikan fungsi persendian.

3. Mengurangi Peradangan dan Menyehatkan Usus

Kandungan asam amino (glutamin) pada kaldu tulang juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan.  Karenanya kaldu ini juga disarankan untuk penderita radang usus atau sindrom usus bocor.  Terlebih lagi, penderita radang usus cenderung memiliki kadar asam amino yang rendah.  Sehingga mengonsumsi kaldu tulang setiap hari adalah cara alami untuk menyuplai asam amino ke dalam tubuh.

Sebuah studi mengenai chicken broth telah dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center.  Mereka menemukan bahwa asam amino yang diproduksi saat proses pembuatan chicken broth juga dapat mengurangi radang pada sistem pernapasan.  Kaldu tulang ayam membantu menguatkan daya tahan tubuh dari virus, bakteri, atau jamur yang menyerang sistem pernapasan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Masalah obesitas cukup mengganggu bagi mayoritas orang.  Terutama dari sisi kesehatan.  Kaldu tulang mengandung kadar protein tinggi sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama.  Sifat protein ini yang akan membantu kita mengurangi berat badan sebab asupan kalori akan berkurang.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada 2015, Jurnal Neuropsycopharmacology melaporkan bahwa asam amino glisin pada kaldu tulang membantu meningkatkan kualitas tidur.  Penderita insomnia banyak mengonsumsi glisin untuk membuat tidur lebih lelap dan mengurangi rasa lelah.  Nah, makan malam yang dilengkapi dengan segelas kaldu tulang dapat menyediakan glisin secara alami.  Konsumsi kaldu tulang adalah terapi yang aman bagi penderita insomnia.

Lima manfaat kaldu tulang Bone Broth untuk kesehatan dapat dapat dirasakan oleh semua kalangan usia.  Tak heran jika Bone broth sangat dianjurkan sebagai pelengkap asupan harian di setiap rumah.  Kita dapat mengolahnya sebagai MPASI ataupun sup hangat  dikala hujan. Sayang bukan sekali jika beragam khasiat bone broth tersebut harus terkontaminasi oleh racun pestisida?  So, temukan semua bahan pembuatan bone broth di aplikasi atau webstore Kecipir.  Ingat sehat, ingat Kecipir!

Total Page Visits: 33 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah