IMG-LOGO
Tips & Trik

3 Cara Turunkan Kolesterol dengan Cepat

3 June 2020

cara turunkan kolesterol

Kenaikan kadar kolesterol ditandai dengan keluhan sakit kepala bagian belakang.  Selain itu ditandai juga dengan nyeri dada, nyeri lengan, atau gangguan pencernaan.

Usai lebaran tidak sedikit yang mengeluhkan kadar kolesterol naik.  Wajar saja kolesterol naik jika masakan daging khas lebaran tidak diimbangi dengan makanan sehat.

3 Cara Turunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa cara turunkan kadar kolesterol dengan cepat.  Lakukan dengan rutin agar kamu tetap sehat, Cipers!

1. Pilih Makanan Tinggi Serat

Opor ayam, rendang, semur, dan gulai daging memang enak.  Namun, semuanya dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kamu harus mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.  Makanan berserat 5-10 g dapat menurunkan LDL (low density lipoprotein) jika rutin dikonsumsi setiap hari.

Makanan berserat juga membuat kita tidak mudah lapar.  Namun hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi serat dalam satu waktu dapat menyebabkan perut kram atau kembung.  Perbanyak konsumsi serat secara bertahap.

 

2. Aktif Bergerak Meski #DirumahAja

Saat liburan adalah waktu yang menyenangkan.  Sebab pikiran kita bisa beristirahat dari rutinitas pekerjaan.  Sayangnya seringkali kita terkecoh mengisi liburan dengan sedikit bergerak.

Padahal aktif bergerak sangat penting untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.  Salah satunya adalah gangguan kesehatan akibat kadar kolesterol tinggi.

cara turunkan kolesterol

Salah satu gerakan yoga untuk pemula

Agar tidak terlalu shock, kamu bisa memulainya dengan melakukan gerakan ringan.  Seperti senam Ping Shuai Gong.  Kamu juga dapat memulai kelas yoga dari rumah.

Asal rutin dilakukan pasti akan membuat tubuh kembali bugar.  Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.  Apalagi dimasa pandemi ini, kesehatan tubuh kita harus selalu dalam kondisi optimal.

 

3. Lupakan Daging Sejenak, Makan Ikan Lebih Banyak

Omega 3 yang terkandung dalam ikan berfungsi mengurangi kadar lemak jenuh di dalam tubuh.  Nutrisi ini juga dapat menyehatkan jantung.  Mengganti sajian daging merah dengan ikan dalah pilihan terbaik untuk menurunkan kadar  kolesterol usai lebaran.

Ada banyak pilihan ikan yang bisa kamu order di Kecipir.  Baik itu ikan air tawar ataupun ikan laut.  Ada juga cumi-cumi dan udang.  Semuanya terjamin sehat dan bebas dari cemaran zat berbahaya.

Sayur, buah, kacang-kacangan, dan sumber karbohidrat berserat tinggi juga selalu tersedia setiap hari loh!  Produk-produk Kecipir dipanen langsung dari kebun petani lokal.  Yuk segera cek di website/aplikasi Kecipir.

 

Total Page Visits: 571 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah