IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat Brokoli Untuk Menangkal Serangan Virus

30 January 2020
Manfaat Brokoli

Sumber: picksfree.com

Hingga 29 Januari 2020, Wuhan Coronavirus (2019-nCoV) tercatat telah menyebar ke 20 negara.  Total infeksi yang dilaporkan mencapai 7.783 kasus.  Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 133 orang.  Sedangkan angka kematian mencapai 170 kasus.

Wuhan Coronavirus menyebar luas hanya dalam waktu hitungan hari.   Vaksin dan obat untuk menangani virus ini pun belum ditemukan.  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah menginformasikan  bahwa vaksin baru akan diuji coba pada manusia pada April 2020.

Mayoritas dari kita pasti mengalami rasa panik akibat perkembangan virus ini.  Meski penyebarannya sangat cepat, kita dapat bertahan dari serangan virus dengan menerapkan gaya hidup sehat.  Salah satunya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang dapat meningkatkan sistem imun.

Serangan Virus Corona Dari Masa ke Masa

Wuhan Coronavirus adalah bagian dari virus corona yang telah menyerang manusia dari masa ke masa.  Wabah akibat virus corona yang terjadi sebelum ini adalah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome).  Pada 2002, SARS menyebar hingga ke 37 negara.  Jumlah infeksi mencapai 8.096 orang dan menimbulkan 774 kasus kematian.

Sebaliknya, wabah virus MERS yang terjadi pada 2012 tidak mudah menyebar.  Namun, tingkat kematian yang disebabkannya justru lebih besar.  Kasus kematian terjadi pada 1 dari 3 pasien terinfeksi.  Virus MERS menyebar ke 27 negara dengan total 2.494 kasus, dan korban jiwa sebanyak 858 orang.

Pola penyebaran Wuhan Coronavirus terjadi dari hewan ke manusia dan antar manusia.  Virus bahkan dapat menular pada masa inkubasi, yakni saat gejala infeksi secara kasat mata belum terlihat.  Meski demikian, kasus kematian akibat Wuhan Coronavirus mayoritas terjadi pada pasien dengan riwayat komplikasi dan usia lanjut.  Tingkat kesembuhan pasien dari infeksi virus ini ditentukan dari daya tahan tubuh penderita.

Perkuat Daya Tahan Tubuh Dari Serangan Virus

Daya tahan tubuh adalah faktor penting dalam upaya menangkal serangan virus.  Sejatinya, tubuh kita telah dirancang memiliki sistem pertahanan dari segala jenis serangan bakteri, virus, jamur, dan parasit.  Sistem pertahanan ini sering disebut dengan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Seseorang akan mudah terinfeksi saat kekebalan tubuhnya dalam kondisi lemah.  Maka dari itu, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah cara paling tepat untuk menangkal serangan Wuhan Coronavirus.  Terlebih lagi, hingga saat ini gejala infeksi parah ditemukan pada pasien dengan sistem imun yang lemah.

Bahan Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas

Manfaat Brokoli

Sumber: unsplash.com

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi bahan makanan bernutrisi tinggi.  Manfaat brokoli, paprika, dan jahe tidak hanya bernutrisi tinggi, tetapi juga mengandung antioksidan dalam jumlah banyak.  Tidak heran jika ketiganya sering direkomendasikan sebagai bahan makanan penguat imun tubuh.

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran tersehat.  Kandungan vitamin A, C, dan E didalam brokoli dapat diperoleh secara optimal saat dikonsumsi mentah atau dengan sedikit proses pemasakan.  Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih.  Sebab struktur lekukan pada brokoli yang dibudidayakan secara non organik berpotensi mengandung banyak residu pestisida.  Manfaat brokoli yang kita harapkan dapat berkurang jika terkontaminasi oleh pestisida.

Paprika, khususnya jenis paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dibandingkan buah-buahan golongan citrus (jeruk).  Paprika merah juga dapat memberikan asupan betakaroten tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Jahe merupakan tanaman rimpang yang telah dikenal luas sebagai anti inflamasi.  Sangat berguna untuk meredakan peradangan akibat infeksi.  Bahkan jahe diperkirakan mampu mengurangi rasa nyeri kronis dan kadar kolesterol tubuh.

Dilansir dari sebuah situs layanan kesehatan, bahan makanan lainnya yang bisa meningkatkan sistem imunitas adalah bawang putih, bayam, buah golongan citrus, yogurt, kunyit, kacang almond, teh hijau, pepaya, kiwi, biji bunga matahari, daging unggas, dan shelfish atau hewan laut bercangkang.  Hampir semua bahan makanan tersebut bisa kamu dapatkan melalui aplikasi atau webstore Kecipir.

Tidak hanya bebas residu pestisida, semua produk Kecipir dijamin kesegarannya.  Manfaat brokoli, paprika, jahe, dan bahan pangan lain akan kamu peroleh secara maksimal sebab terjamin keamanannya.  Produk hanya akan dipanen setelah kamu melakukan pesanan dan segera didistribusikan dalam waktu kurang dari setengah hari.

Segera kunjungi layanan medis terdekat jika mengalami gejala yang mirip dengan serangan Wuhan Coronavirus, yakni demam, batuk, dan sulit bernapas. Apalagi jika kamu memiliki riwayat melakukan perjalanan ke daerah epidemi virus tersebut. Kamu juga bisa menghubungi Hotline Virus Corona dari Kementerian Kesehatan di nomor 021-5210411 atau 081212123119.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, beraktivitas fisik, dan menggunakan masker saat berada di pusat keramaian.   Informasi update virus corona dapat kamu akses melalui situs ini. Stay safe and healthy Cipers!

Total Page Visits: 707 - Today Page Visits: 2

Comments

2 responses to “Manfaat Brokoli Untuk Menangkal Serangan Virus”

  1. Fajar says:

    Kecipir, atau Winger Bean malah gak masuk ya?

    • Hi Kak 🙂 Kandungan tokoferol (vitamin E) yang berfungsi sebagai antioksidan banyak terkandung di minyak biji kecipir yang sudah tua. Berdasarkan penemuan terbaru dari tim peneliti UI dan IPB, jambu merah juga berpotensi paling besar dalam menangkal serangan virus ini. Nah, produk jambu biji merah ready stock ya Kak. Yuk segera order melalui aplikasi atau webstore Kecipir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah