IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat Lobak, Atasi Plak Gigi Hingga Sembuhkan Diare

25 June 2020
manfaat lobak

Umbi lobak putih

Berbagai manfaat lobak untuk kesehatan pasti telah kamu ketahui.  Seperti untuk mengatasi hipertensi, diabetes, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kali ini, Cici akan mengulas cara memanfaatkan lobak untuk menjaga kesehatan gigi.  Cara yang sangat praktis dan bisa dipraktekkan dengan mudah.

Mengurangi Plak Gigi dengan Rebusan Lobak

Umbi lobak mengandung berbagai nutrisi penting.  Seperti karbohidrat, serat, protein, mineral, dan vitamin.  Dalam 100 gram lobak terdapat 21 kalori yang terdiri dari 4,2 g karbohidrat, 0,9 g protein, 1,4 g serat, dan 0,1 g lemak.

Untuk mengatasi plak gigi, kita dapat memanfaatkan kandungan minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol dari umbi lobak.  Keempat zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri Strepcoccus mutans.

Bakteri Streptococcus mutans adalah penyebab timbulnya plak pada gigi.  Jika dibiarkan, plak dapat menimbulkan karies gigi, radang gusi, serta penyakit periodontal.

Gunakan 20 ml air rebusan lobak untuk berkumur selama 30 detik.  Air rebusan lobak secara nyata dapat mengurangi kadar plak gigi sejak kumur pertama kali.

Air rebusan tersebut didapatkan dari 100 g umbi lobak yang direbus dalam 100 ml air.  Dengan begini, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Air rebusannya untuk berkumur, dan lobak rebusnya jadi santapan lezat yang sehat.  So, air rebusan lobakmu jangan dibuang lagi ya!

Dapatkan lobak putih organik kualitas terbaik disini.

Panen Manfaat dari Daun Lobak

Tak hanya umbinya, daun lobak juga mengandung banyak nutrisi mikro penting untuk tubuh.  Kadar berbagai jenis vitamin justru lebih banyak ditemukan pada daun lobak.

manfaat lobak

Daun lobak

Daun lobak juga mengandung senyawa fenol yang bersifat antibakteri.  Berdasarkan studi ini, senyawa antibakteri pada daun lobak dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escerichia coli.  Bakteri patogen yang menyebabkan diare.

Di Indonesia, kematian balita akibat kasus infeksi E. coli masih cukup tinggi.  Angkanya mencapai 460 kematian per hari.  E. coli juga menjadi penyebab utama kasus infeksi ginjal dan saluran kencing.

Saat terserang diare, kamu bisa meminum air rebusan daun lobak.  Lebih bagus lagi jika kamu rutin mengonsumsi smoothie daun lobak.  Pencernaanmu pasti akan lebih sehat.

Rutin mengonsumsi sayuran mentah memang dapat menyehatkan pencernaan.  Namun kamu harus memastikan sayuran tersebut bebas dari residu zat berbahaya seperti pestisida.

Paling aman jika kamu mengonsumsi sayuran organik.  Sebab tidak perlu lagi repot mencuci sayuran hingga beberapa tahap.  Kamu juga akan terhindar dari efek pestisida yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Umbi dan daun lobak yang bebas cemaran pestisida bisa kamu dapatkan melalui website/aplikasi Kecipir.  Semua produk yang Kecipir jual terjamin organik.  Sebelum kehabisan, ayo segera order umbi dan daun lobak organik disini.

 

Baca juga, “Manakah yang Lebih Baik? Sorgum, Gandum, atau Beras?

Total Page Visits: 757 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah