IMG-LOGO
Lain-lain

Petani Grup Elim, Salah Satu Usaha Pertanian Organik Di Indonesia

15 November 2017

Petani Grup Elim adalah salah satu usaha berbasis pertanian yang dikembangkan oleh Elim Berkah Anugrah Indonesia. Usaha pertanian ini memproduksi sayur, buah dan herbs sehat menggunaka metode pertanian organik.

Luas Lahan yang dimiliki Petani Grup Elim ini keseluruhan mencapai +/- 6-7 Ha, tersebar mulai dari kecamatan Megamendung Kota Bogor sampai ke wilayah kecamatan Cipanas kabupaten Cianjur. Lahan pertanian yang tersebar tersebut di beberapa mitra tani mulai dari daratan dengan ketinggian +/- 500-1000 mdpl.

Usaha pertanian yang berdiri sejak tahun 2008 ini telah menghasilkan beberapa produk yaitu terdiri dari 3 jenis:

  1. Sayuran, buah dan herb fresh whole. merupakan sayur, buah dan herbs sehat yang dijual masih dalam bentuk utuh (whole) dan masih segar (fresh). Tanpa ada perlakuan cutting dan pemasakan, hanya proses sortir, pencucian, pembersihan dan packing
  2. Sayuran, buah dan herbs fresh cutting. merupakan sayur, buah dan herbs yang sudah di cutting dan di packing (ready to cook). Sayur, buah, dan herbs ini selain sudah mengalami proses pada nomor 1, semuanya sudah dicuci bersih, dipotong dan dipacking sehingga siap untuk dimasak oleh konsumen.
  3. Sayuran, buah dan herbs yang sudah diolah. merupakan sayur, buah dan herbs yang sudah mengalami proses pemasakan dengan atau tanpa penambahan bahan lain dengan packing yang hygienis.

Selama berdiri dari tahun 2008, Grup Elim telah memiliki 10 petani mitra yang telah bergabung. Selama Grup Elim Berjalan mereka mampu bekerjasama dan sepaham dengan petani bahwa Indonesia adalah negara Agraris yang harus dipertahankan.

Menurut Grup Elim, pertanian di Indonesia apabila dikelola dengan benar dan arif maka bisa menguntungkan bagi para petani serta budidaya pertanian apabila dikelola dengan benar dan sehat akan memberikan manfaat yang benar dan sehat pula bagi yang mengkonsumsi produknya.

Berdasarkan hal tersebut, Grup Elim berkesimpulan akan terus mengembangkan produk pertanian yang sehat dengan metode yang sehat pula yaitu dengan metode pertanian organik.

Walaupun sudah sekitar 9 tahun berjalan, bukan berarti Grup Elim tidak memilik kendala. Menurut mereka, beberapa kendala yang muncul seperti teknologi pertanian yang dimiliki masih terbatas dan seringkali produk pertanian dalam negeri kurang dihargai bangsa sendiri, hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat kita yang belih suka dengan produk pertanian import daripada lokal.

Kendala-Kendala yang muncul tersebut menurut Grup Elim merupakan salah satu dorongan untuk terus menghasilkan dan mengenalkan produk pertanian organik yang sehat ke masyarakat.

Sumber: Grup Elim

Total Page Visits: 580 - Today Page Visits: 2

Comments

One response to “Petani Grup Elim, Salah Satu Usaha Pertanian Organik Di Indonesia”

  1. […] juga : Pertemuan Mitra Petani | Petani Grup Elim | The Learning […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah