IMG-LOGO
Tips & Trik

Gorengan, Menu Buka Puasa yang Enak

3 May 2020

menu buka puasa yang enak

Apa menu buka puasa yang enak buatmu Cipers?  Buah, smoothies, atau justru gorengan? Hmm, siapa sih yang mampu menolak jenis kudapan ini.  Meskipun tidak langsung dikonsumsi saat berbuka, biasanya gorengan tersaji sebagai cemilan pengantar sebelum makan malam.

Gorengan adalah cemilan bagi sejuta umat.  Rasanya enak dan relatif mudah didapat.  Banyak penjaja kudapan berbuka yang menyediakan risoles, bakwan, tahu isi, donat, singkong goreng, pisang coklat, dan banyak lagi.

Meski Enak, Menu Gorengan Harus Dikurangi

Jika belum bisa benar-benar berhenti menyukai gorengan.  Setidaknya kita harus menguranginya.  Sebab, ada banyak efek buruk kudapan ini bagi kesehatan.

Gorengan dihasilkan dari proses menggoreng pada suhu tinggi.  Saat itu terjadi hidrogenasi lemak jenuh yang menghasilkan lemak trans buatan.  Jenis lemak ini sulit dicerna oleh tubuh.  Akibatnya lemak terus menumpuk dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Jumlah penderita penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia cukup tinggi.  Sejak 2013, prevalensi PTM terus meningkat lebih dari 34%.  Jenis yang banyak diderita oleh masyarakat adalah obesitas, hipertensi, diabetes, stroke, kanker, asma, alergi, rematik, hingga depresi.

Gaya hidup tidak sehat adalah penyebab utama penyakit ini. Seperti kurang beraktifitas fisik hingga asupan makan yang tidak sehat.  Nah, gorengan termasuk jenis makanan yang termasuk didalamnya.

Menurut penelitian ini, mengonsumsi makanan yang digoreng satu kali sepekan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan diabetes melitus tipe 2.  Hanya seminggu sekali loh Cipers.  Bagaimana jika hampir setiap hari kita mengonsumsinya?

menu buka puasa yang enak

Hydrating Foods, Menu Buka Puasa Yang Enak dan Sehat

Di bulan yang baik ini, kita dianjurkan untuk tidak makan berlebihan.  Hikmahnya, lambung kita memiliki waktu jeda untuk beristirahat.  Agar makin paripurna dalam beribadah, akan sangat baik jika kita juga membatasi konsumsi gorengan.

Sesekali menikmati lezatnya gorengan tentu tidak masalah.  Namun, sebaiknya kita membiasakan lidah untuk menikmati jenis makanan yang lebih sehat.  Salah satunya adalah hydrating foods.

Saat berpuasa tubuh mengalami dehidrasi.  Hydrating foods adalah jenis makanan yang dapat mengambalikan jumlah cairan tubuh dengan cepat.  Karenanya sangat baik dijadikan sebagai menu berbuka dan cemilan diantara waktu buka hingga sahur.

Apa saja yang termasuk dalam hydrating foods?  Ada semangka, kelapa muda, tomat, mentimun, bayam, seledri, zucchini, dan selada head.  Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui website atau aplikasi Kecipir.

Produk-produk Kecipir terjamin organik dan bebas dari residu pestisida.  Sehingga aman jika dikonsumsi segar/mentah.  Tunggu apalagi, segera order makanan sehatmu agar ibadah puasa jadi makin berkah.

Baca juga “Altruisme, Pilihan Agar Tetap Sehat dan Bahagia

 

Total Page Visits: 267 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah